Setelah melakukan proses update, entah itu kumulatif update, patch tuesday, driver update, ataupun update reguler lainnya. Windows 10 akan menyimpan riwayat update tersebut, tidak hanya update yang berhasil terinstall tetapi juga update yang mengalami gagal installasi.

Adanya riwayat update ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui update apa saja yang terinstall, serta dapat melakukan kroscek terhadap update yang ada jika sewaktu-waktu mengalami masalah terhadap update yang terinstall.

Untuk melihat riwayat update di Windows 10, kamu bisa menggunakan cara GUI melalui Settings > Update & Security > Windows Update, pada panel kanan klik opsi View update History.

Namun jika menginginkan cara lain, maka kamu bisa mencoba cara melalui perintah yang dieksekusi melalui Command Prompt.

Melihat Riwayat Update di Windows 10 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah berikut: wmic qfe list untuk melihat semua daftar update yang terinstall.
  3. Kamu juga bisa melakukan pencarian terhadap paket update tertentu dengan memasukan nomor yang diinginkan, misalnya: wmic qfe | find "4521863"
  4. Done.

Memang diperlu diakui, bahwa cara yang ditawarkan melalui GUI pada Settings lebih mudah karena kamu hanya perlu melakukan beberapa klik serta setiap daftar riwayat update bisa kamu klik untuk membuka informasi lebih lanjut.

Meskipun begitu cara ini bisa menjadi refrensi kamu, terlebih jika sering berkutat dengan Command Prompt.

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.