Semua Hal Tentang Meltdown dan Spectre: Bug CPU Berbahaya (Intel, AMD, ARM Semua Kena)

Setiap komputer berisi paling tidak satu processor, yang juga dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit). Jika kamu memiliki sebuah PC atau laptop, kemungkinan besar CPU yang kamu gunakan dibuat oleh Intel, AMD, atau Qualcomm. Nah, jika kamu ‘menghadapi’ laptop yang asing dan kamu penasaran ingin tahu tipe processor-nya, kamu bisa melakukan hal berikut ini.

Catatan: Kamu tidak perlu menggunakan software informasi sistem kalau hanya sekedar ingin tahu CPU dan kecepatannya. Windows menyediakan informasi ini di beberapa tempat.

Untuk menemukan informasi ini di Windows 10, buka Settings > System > About, scroll dan cari pada bagian Device specification. Di sini akan tercantum nama processor komputer yang kamu gunakan beserta kecepatannya.

Ingin lebih cepat? Kamu bisa menekan tombol Windows+I untuk langsung membuka Settings, lalu ketik About di Search Bar.

kecepatan CPU tersebut, bisa kamu temukan di Task Manager. Untuk membuka Task Manager, kamu bisa klik kanan pada taskbar, kemudian pilih Task Manager. Atau kamu juga bisa menggunakan shortcut di keyboard Ctrl+Shift+Esc untuk membukanya. Klik tab Performance, lalu pilih CPU. Di sini kamu bisa mendapatkan info kinerja dan kecepatan CPU perangkat milikmu.

Jika kamu menggunakan Windows 7, maka untuk mendapatkan informasi CPU, kamu dari Start Menu, kamu bisa membuka Control Panel > System and Security > System untuk membuka bagian informasi ini. Informasi CPU kamu akan ditampilkan di bagian System.

Nah, demikianlah tips untuk melihat tipe CPU serta seberapa cepat CPU yang kamu gunakan. Informasi ini penting sebagai rujukan untuk bermain game, yang biasanya memiliki syarat tertentu, atau menjalankan sebuah software spesifik.

  HP Xiaomi Jadi Bersih dari Iklan  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.