Home PC Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10

Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10

Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10 (1)

Sedikit bernostalgia, dimana pada era Windows XP, game klasik seperti Freecell, Hearts, Solitare, Spider dan Minesweeper bisa dibilang menjadi game yang cukup mewah pada jamannnya.

Terhitung mulainya era Windows 8.x, Microsoft menghilangkannya dengan Windows Store yang mana lebih banyak jenis game yang bisa didownload dari sana. Hingga lahirnya Windows 10, Microsoft membuat penggunanya sedikit merasakan ‘angin masa lalu’ dengan membawakan aplikasi “Microsoft Solitare Collection”.

Meskipun aplikasi tersebut gratis dan membawa game-game klasik dari Windows XP serta game tambahan lainnya, tetapi juga membawa ads/iklan yang mana mengharuskan kamu untuk berlangganan.

Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10 (1)

So, untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan game klasik di Windows XP tanpa perlu menginstallnya, maka kamu bisa memainkannya di Windows 10.

Cara Memainkan Game Solitare Windows XP di Windows 10

Pertama, bahan yang diperlukan adalah tentu file dari game Solitare. Untuk mendapatkannya tentu dari Windows XP, kamu dapat menginstall Windows XP melalui Virtual Machine atau jika kamu memiliki Windows XP, navigasi ke ‘C:\Windows\System32’ lalu temukan beberapa file berikut (gunakan fitur search):

  1. freecell (Game Freecell)
  2. mshearts (Game Hearts)
  3. sol (Game Solitaire)
  4. spider (Game Spider)
  5. winmine (Game Minesweeper )
  6. cards.dll (File sistem untuk game Solitaire)

Jika sudah copy semua file berikut ke media external (agar nanti dipindahkan ke Windows 10). Dan jika kamu tidak ingin report-report copy dari Windows XP, sebagai alternatif WinPoin menyediakan semua file tersebut yang dapat kamu download disini.

Kemudian kembali ke Windows 10, pindahkan semua file tersebut ke satu folder dimana saja pada partisi system (C:).

Cara Memainkan Game Klasik Windows XP di Windows 10 (2)

Terakhir kamu hanya tinggal menjalankan game dengan mengklik 2x (seperti biasa). Game pun akan langsung muncul dan siap dimainkan dengan interface yang sama ketika menggunakan Windows XP.

That’s it!

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.