Home PC Cara Mematikan Cortana di Windows 10 Secara Tuntas

Cara Mematikan Cortana di Windows 10 Secara Tuntas

cara-mematikan-cortana-di-windows-10-secara-tuntas-1

Cortana memang menjadi salah satu fitur yang powerful di Windows 10, karena ada banyak hal yang bisa kamu lakukan mulai dari mencari file, menjalankan aplikasi, hingga terintegrasi pada Microsoft Edge untuk melakukan pencarian lirik.

Meskipun terlihat sangat fungsional, tidak semua orang menggunakannya atau bahkan tidak menyukainya. Terlepas itu alasan apapun, tentunya membuat sebagian orang berfikir untuk mematikannya.

Secara default Microsoft memang tidak menyediakan opsi untuk hal tersebut, tetapi jika kamu memang benar-benar ingin mematikannya, maka berikut WinPoin akan menunjukan cara mudahnya.

Mematikan Cortana di Windows 10 Secara Tuntas

Mudahnya si kamu bisa menggunakan tools tweaker yang bertebaran diinternet untuk melakukannya, tetapi jika bingung maka WinPoin akan memberikan salah satu contohnya yaitu “Win 10 Toggle Tweaker” yang bisa kamu download disini.

Basicnya tool ini merupakan sekumpulan perintah pada tweaking Windows 10 yang dikumpulkan pada 1 file dengan ekstensi .bat. Jadi mengeksekusinya melalui Command Prompt.

cara-mematikan-cortana-di-windows-10-secara-tuntas-2

Kembali kepembahasan utama, untuk disable/mematikan Cortana caranya cukup mudah, pada halaman utama ketikan ‘3‘ lalu ketikan lagi ‘12‘ dan terakhir ketikan ‘1‘ untuk menon-aktifkan.

Setelah itu tunggu beberapa saat ketika proses dieksekusi dan Explorer pun akan ter-restart. Dengan begitu maka opsi Cortana akan menghilang pada panel Search (hanya menyisakan search biasa).

Untuk mengembalikan Cortana, cukup ketikan ‘2‘ pada halaman pengaturan yang sama. That’s it!.

Thanks to Yasser Da Silva@MDL for useful tool.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.