Home Basic Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10

Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10

Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10 (1)

Secara default, ketika kamu membuat user baru di Windows 10, user tersebut bisa menggunakan semua app yang tersedia. Tetapi jika kamu ingin memberikan limitasi kepada user dimana hanya dapat menjalankan sebuah aplikasi saja, maka kamu dapat melakukannya dengan mudah di Windows 10. Memberian batas pada user ini hanya untuk modern Apps saja seperti Alarm & Clock, 3D Builder, Game, Photos, OneNote, dll.

Perlu kamu ketahui, ketika fitur ini diaktifkan, maka user yang diberikan limitasi ini hanya akan dapat membuka aplikasi yang diijinkan. Dengan kata lain, user tidak dapat melakukan apapun diluar aplikasi tersebut seperti mengakses Start Menu, File Explorer, dll.

Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja

  1. Buka Settings.
  2. Navigasi ke Accounts – Family & other people.
  3. Pada panel kanan, klik opsi Set up assigned access yang terletak dibagian bawah.Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10 (2)
  4. Kemudian klik opsi Choose an account untuk memilih local account yang tersedia dan pilih akun yang kamu inginkan.Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10 (3)
  5. Kemudian klik opsi Choose an app untuk memilih aplikasi yang diinginkan.Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10 (4)

Dengan begitu user yang mendapatkan limitasi, hanya akan dapat membuka aplikasi terkait saja. Serta membuka aplikasi tersebut dalam mode full screen, misalnya saja disini WinPoin membatasi user hanya menggunakan OneNote saja.

Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10 (5)

Untuk melakukan hal lain seperti Shutdown, Lock, Sign Out, atau Task Manager. Kamu dapat menggunakan shortcut CTRL + ALT + DEL.

Jika ingin menghapus limitasi pada user, login kembali menggunakan akun admin dan lakukan langkah yang sama seperti diatas lalu pilih opsi Turn off assigned access and sign out the selected account.

Cara Membatasi User untuk Mengakses Satu Aplikasi Saja di Windows 10 (6)

Nah itu dia cara untuk memberikan limitasi untuk menjalankan satu aplikasi saja pada user di Windows 10. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.