Home PC Cara Memberikan Album Art Pada Musik dengan Groove Music di Windows 10

Cara Memberikan Album Art Pada Musik dengan Groove Music di Windows 10

Groove-Music-Surface-Pro-3-Windows-10

Album Art ialah salah satu bagian dari meta-data yang ada dalam file musik dan tentu saja fungsinya sendiri menampilkan gambar dari album musik tersebut.

Dalam beberapa kasus tertentu, ketika mendownload file musik pastinya ada beberapa yang tidak memilki album art atau memilki album art namun tidak sesuai.

Bila kamu sangat memperhatikan akan kerapian dari koleksi musik yang dimiliki pastinya tidak ingin terlihat berantakan, terlebih lagi bila musik tersebut ialah musik favorit.

Jadi cara untuk memperbaikinya ialah mengolahnya sendiri dengan menambahkan album art didalamnya, bila kamu menggunakan Groove Music sebagai pemutar musik andalan maka hal itu akan semakin mudah.

Cara memberikan album art dengan Groove Music yakni sebagai berikut:

Buka aplikasi Groove Music kemudian cari album musik yang ingin diberi Album Art.

Find Album info-groove music

Pada tampilan halaman menu berikutnya, pilih option ikon “…” lalu pilih Find album info dan biarkan aplikasi mencari album art yang tepat untuk lagu mu.

Find Album info-groove music(2)

Bila telah selesai, kamu dapat memilih mana yang tepat untuk album art musik tersebut dan menekan tombol Finish.

Find Album info-groove music(3)

Maka secara otomatis album art musik tersebut telah berubah sesuai dengan yang kamu pilih.

Find Album info-groove music(4)

Trik ini juga termasuk dalam melengkapi meta-data yang lain seperti genre, artist, tahun, composer dan sebagainya yang ada dalam file musik.

Groove Music juga sebenarnya dapat memberikan album art dan meta-data lainnya dengan otomatis, tapi dengan catatan file musik tersebut cukup lengkap untuk aplikasi dapat memilihnya dengan tepat dimana hal tersebut telah secara default aktif, pada menu Setting aplikasi di form Media Info.

Just it!

Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri