Windows Run atau yang lebih dikenal sebagai ‘Run’, tentu bukan merupakan hal yang asing pada ekosistem Windows. Karena ada banyak yang dapat dilakukan melalui Run, misalnya menjalankan sebuah program, menuju path tertentu pada file explorer, dsb dengan mudah.

Karena fitur ini cukup powerful, maka ada baiknya bagi kamu yang seorang administrator membatasi akses ke Windows Run. Hal ini biasa dapat diaplikasikan ke peragnkat komersil seperti PC publik atau warnet.

Baca juga:

Memblokir Run di Windows dengan Group Policy Editor

  1. Buka Group Policy Editor.
  2. Navigasi ke User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Remove Run Menu from Start Menu.
  4. Klik opsi Enabled dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Done.

Setelah proses selesai (disini kamu tidak memperlukan proses restart). Maka kamu akan mendapati pesan “This operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator.” ketika coba membuka Windows Run.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat melalui langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti opsi menjadi Not Configured pada langkah ke-4.

Cara ini dapat kamu aplikasikan pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.x, Windows 10, hingga Windows Server.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.