Meskipun perilisan Windows 10 November 2019 Update ke publik dirumorkan tanggal 12 November, tetapi Microsoft sudah merilis versi finalnya untuk member MSDN dan Visual Studio.

Jika kamu tidak sabat ingin mencoba November 2019 Update, kamu bisa download versi Release Preview Ring pada halaman resmi Microsoft. Tetapi jika kamu ingin mencoba versi final yang ditujuan untuk publik, kamu harus membuatnya terlebih dahulu melalui file ESD dan merubahnya menjadi file ISO yang seutuhnya.

Bahan-bahan

Pertama tentunya kamu memerlukan file ESD build 18363.418. Kamu bisa mencari linknya yang tersebar di internet, atau kamu bisa menggunakan link yang saya sediakan.

Windows 10 Build 18363.418.191007-0143.19h2_release_svc_refresh

Sebagai info, link diatas terdapat versi Business (Volume) dan Consumer (Retail), pilih sesuai dengan lisensi yang kamu gunakan. Serta setiap file ESD berisikan 6 edisi yang berbeda yaitu Professional, ProfessionalN, Enterprise, EnterpriseN, Education, dan EducationN. Jadi pada saat installasi nanti, kamu hanya perlu memilih edisi yang diinginkan.

Setelah itu adalah tool untuk decrypt ESD ke ISO yang bisa kamu download melalui link ini, ekstrak lalu ikuti tahap selanjutnya.

ESD > ISO

  1. Jadikan semua (ESD dan tool decrypt) menjadi 1 folder yang sama.
  2. Klik kanan pada file bat ‘decrypt‘ dan pilih Run as Administrator.
  3. Setelah jendela konsole Command Prompt terbuka, ketikan nomor 1 (satu) untuk membuat full ISO dengan semua edisi yang ada.
  4. Kemudian ketikan nomor 1 (satu) lagi untuk membuat file ISO dengan standar install.wim.
  5. Tunggu proses decrypt hingga selesai, lamanya sekitar 10-20 menit. Pada proses ini, CPU dan Disk akan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini tentu akan terasa bagi kamu yang memiliki resource minim.
  6. Ketika proses sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan file ISO pada folder yang sama dengan file ESD.
  7. Done.

Setelah itu, kamu bisa langsung mount dan jalankan file Setup.exe untuk memulai proses upgrade, atau menjadikannya bootable untuk Clean Install.

Credit to abbodi1406 @MDL for Script and ESD link

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.