Home PC Cara Membuat Partisi Dengan Diskpart di Windows 10

Cara Membuat Partisi Dengan Diskpart di Windows 10

5 cara menghemat ruang hardisk (0)

Membuat partisi merupakan opsi mutlak untuk setiap pengguna Windows (dan mungkin juga untuk pengguna platform OS lainnya). Karena dengan membuat partisi maka kamu dapat memanage data-data dengan mudah. Sepertimeletakkan data-data agar rapi, memisahkannya dengan partisi sistem, ingin melakukan dual boot, dsb.

Nah kebanyakan orang biasa membuatnya melalui Disk Management (basis interface). Tetapi tahukah kamu bahwa kamu juga bisa melakukannya dengan melalui Command Prompt (basis teks)?. Berikut WinPoin berikan langkah-langkahnya.

Membuat Partisi Dengan Diskpart

Pertama buka Command Prompt (as Administrator) lalu ketikan perintah diskpart untuk membuka ultility diskpart.

membuat partisi dengan diskpart di windows 10 (1)

Selanjutnya ketikan perintah list volume untuk menampilkan partisi yang tersedia.

membuat partisi dengan diskpart di windows 10 (2)

Kemudian ketikan perintah select volume X. Dimana X tergantung dari partisi yang ingin di alokasikan untuk partisi baru. Selanjutnya kamu bisa memberi perintah/ketikan shrink querymax untuk melihat size maksimum yang bisa di shrink atau kamu bisa langsung memberi perintah shrink untuk langsung membuat partisi dengan size query maksimal.

membuat partisi dengan diskpart di windows 10 55

Atau jika ingin membuat ukuran yang lebih spesifik, kamu bisa memberi perintah shrink desired=X. Dimana X itu value dari size yang diinginkan.

membuat partisi dengan diskpart di windows 10 (4)

Setelah itu tutup jendela commandprompt lalu buka disk management. akan muncul partisi unallocated dengan size yang sudah ditentukan tadi. Buat sample volume seperti biasa (ikuti instruksi wizardnya hingga selesai) dengan begitu partisi baru berhasil dibuat.

membuat partisi dengan diskpart di windows 10 (5)

That’s it!😉

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.