Salah satu tools yang terkenal untuk memperbaiki komponen yang corrupt di Windows Vista atau Windows 7 adalah System Update and Readiness Tool (KB947821) atau yang biasa disebut dengan CheckSUR. CheckSUR adalah tools yang banyak digunakan orang untuk memperbaiki komponen yang corrupt. Corrupt di dapatkan Windows ketika kamu sedang mengupdate Windows.

Pada Windows 8, tools CheckSUR digantikan dengan Inbox Corruption Repair yang memiliki fungsi yang sama. Ketika kehilangan komponen atau kekurangan komponen Windows, kamu dapat memperbaikinya dengan Inbox Corruption Repair. Dengan menggunakan Inbox Corruption Repair, Windows akan mendownload komponen yang hilang atau diperlukan. Untuk menginstall komponen yang diperlukan, kamu harus menggunakan DISM (Deployment Imaging and Servicing Management). DISM bisa dijalankan melalui Command Prompt atau Windows PowerShell.

 

Cara 1# Memperbaiki Komponen Windows yang Corrupt di Windows 8

Pertama-tama buka Command Prompt dengan Run as Administrator.

 

Kemudian kamu bisa menggunakan 3 perintah di bawah ini:

Dism /Online /Cleanup-Image /CheckHealth – Perintah ini digunakan untuk memeriksa apakah ada koponen Windows yang corrupt pada registry. Ini adalah cara tercepat untuk melihat apakah ada yang corrupt saat ini, dan akan memberitahukan kepada kamu file apa yang corrupt. Ini bukan untuk memperbaiki Windows yang corrupt, hanya untuk memeriksa atau menuliskannya di log.

Dism /Online /Cleanup-Image /ScanHealth – Perintah ini juga bukan memperbaiki apapun yang corrupt. Ini hanya untuk memeriksa komponen Windows yang corrupt dan mencatatnya di C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log. Proses ini membutuhkan waktu yang lama.

Dism /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth – Perintah ini untuk memeriksa adakah yang komponen Windows yang corrupt, mencatatnya di C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log dan memperbaikinya dengan Windows Update. Waktu yang di butuhkan tergantung dari level corrupt yang ada di Windows.

Cara Memperbaiki Komponen Windows yang Corrupt di Windows 8

 

Setelah menjalankan perintah /RestoreHealth, sebaiknya kamu melakukan restart komputer untuk mendapatkan efeknya.

 

Cara 2# Memperbaiki Komponen Windows yang Corrupt di Windows 8

Pertama-tama buka Windows PowerShell dengan Run as Administrator.

 

Kemudian kamu bisa menggunakan 3 perintah di bawah ini:

Repair-Windowsimage -Online -CheckHealth – Perintah ini hanya untuk memeriksa apakah ada komponen Windows yang hilang atau kurang, ini tidak digunakan untuk memperbaiki atau mencatat.

Repair-Windowsimage -Online -ScanHealth – Perintah ini digunakan untuk mencatat adalah komponen yang corrupt di Windows, catatan ini disimpan di log pada folder C:\Windows\Logs\CBS\CBS.log.

Repair-Windowsimage -Online -RestoreHealth – Perintah ini digunakan untuk memperbaiki dan mencatat komponen Windows yang corrupt dengan mendownload di Windows Update.

Cara Memperbaiki Komponen Windows yang Corrupt di Windows 8

 

Setelah kamu menjalankan perintah /RestoreHealth, sebaiknya kamu melakukan restart komputer untuk mendapatkan efeknya.

 

Nah itulah 2 cara untuk memperbaiki komponen Windows 8 yang corrupt. Bila kamu masih mengalami masalah, kamu bisa berdiskusi di forum WinPoin.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.