Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

Setiap orang pasti ingin bisa mendownload dengan lebih cepat. Siapa sih yang ingin duduk berlama-lama di depan komputer dan hanya bengong untuk menunggu proses downloadnya selesai??

Sebelumnya WinPoin sudah membahas bagaimana cara kerja IDM hingga bisa mempercepat proses download suatu file. Dengan mengetahui cara kerjanya tersebut maka kita bisa melakukan sedikit tweak dan optimasi supaya proses download di IDM bisa berjalan dengan lebih cepat.

Bagi kamu yang ingin kecepatan downloadnya meningkat, inilah cara mempercepat IDM yang bisa kamu lakukan.

Pertama, pastikan kamu sudah memahami bagaimana cara kerja IDM. Jika belum, baca artikel tersebut terlebih dahulu. Jangan mempraktekkan tips ini sebelum kamu tahu bagaimana cara IDM mempercepat proses download di PC kamu.

Sudah paham? Kalau sudah ayo kita lanjut untuk melakukan optimasi di setting IDM kita

 

Memaksimalkan Kecepatan Koneksi Internet Kita

IDM bisa mempercepat download karena memaksimalkan kecepatan koneksi internet kita sekaligus memaksimalkan jumlah koneksi yang bisa kita lakukan ke server tempat file tersimpan. Hal pertama yang mau kita optimasi disini adalah kecepatan koneksi internet kita.

Supaya kecepatan download IDM meningkat, maka kita harus memaksa supaya IDM menggunakan semua kecepatan koneksi internet kita untuk melakukan proses download. Semuanya! Dengan begitu maka proses download di IDM bakal berlangsung dengan lebih cepat.

Caranya tinggal kamu buka IDM > Klik menu Downloads > Options > Connection > di Connection Type / Speed, pilih High speed.

Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

Dengan begini maka IDM akan menggunakan kecepatan internet yang kamu miliki untuk mempercepat proses download.

Note

  • Kelebihan: Proses download akan berlangsung dengan lebih cepat, karena semua kecepatan internet akan diberdayakan untuk melakukan download.
  • Kekurangan: Ketika proses download berlangsung maka kamu tidak bisa browsing dengan nyaman. Seluruh kuota kecepatan yang ada akan dialokasikan untuk proses download hingga tidak tersisa banyak untuk browsing dan kegiatan lainnya.

 

Memaksimalkan Kinerja File Server

IDM memaksimalkan kinerja file server dengan cara berusaha melakukan koneksi sebanyak mungkin (Multiple File Stream) dan mendownload file dalam beberapa bagian secara bersamaan. Untuk itu supaya proses download berjalan dengan lebih cepat, maka kita harus memaksimalkan jumlah koneksi dari PC kita ke file server sebanyak mungkin yang IDM bisa.

Caranya sama seperti sebelumnya, di IDM > Klik menu Downloads > Options > Connection > Pada Max Connections number, isikan 32 koneksi.

Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

Dengan jumlah koneksi maksimal ke file server tersebut maka kamu bisa mendapatkan kecepatan download yang lebih maksimal.

Note

  • Kelebihan: Proses download berlangsung lebih cepat, karena jumlah koneksi yang dilakukan ke file server dalam waktu yang bersamaan sangat banyak. Trik ini bakal bekerja dengan sangat baik terutama di file server yang memiliki spesifikasi dan performa yang bagus.
  • Kekurangan: Beberapa file server membatasi jumlah koneksi maksimal bagi sebuah PC untuk melakukan download. Bahkan terkadang server tersebut akan melakukan blacklist IP untuk mencegah agar PC tersebut tidak menghabiskan banyak resource server. Jika server tempat kamu melakukan download sering memutuskan koneksi saat download dengan jumlah setting koneksi 32, kamu bisa menguranginya hinnga 16 atau 8. Lakukan testing dan testing!

 

Uji Kecepatan IDM

Oke sekarang saatnya kita coba berapa kecepatan download di IDM setelah melakukan optimasi ini. WinPoin mencoba mendownload Linux Ubuntu menggunakan IDM, dan hasilnya sungguh luar biasa. Kecepatan download mencapai 1 MB/sec lebih!

Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

 

Padahal sebelumnya kecepatan download hanya berkisar di 664 KB/sec saja.

Cara Mempercepat IDM: Inilah Setting untuk Mempercepat Download IDM Hingga 2x Lipat

 

Luar biasa bukan..??

 

Batasan

Tentu saja cara ini bukanlah sebuah sihir yang mampu mempercepat kecepatan download secara ajaib. Ada batasan tentang berhasil atau tidaknya cara mempercepat IDM ini.

  • Cara ini tidak akan membuat kecepatan download melebihi kecepatan internet yang kamu gunakan. Cara ini hanya memaksimalkan saja seluruh kecepatan internet agar difokuskan untuk keperluan download.
  • Berhasil atau tidaknya cara ini juga ditentukan oleh kualitas server tempat file yang kita download tersimpan. Semakin bagus file server tersebut, maka kecepatan download akan meningkat dengan semakin besar.
  • Untuk kecepatan internet yang pas-pasan dan file server yang berspesifikasi rendah, maka cara ini bisa saja tidak berpengaruh apa-apa.

Tetapi dari testing yang WinPoin lakukan, dengan cara mempercepat IDM ini kecepatan download bisa naik hingga 54 persen lebih! Hampir 2x lipat dari yang sebelumnya.

Berminat untuk mencoba..??

 

Note:

IDM menjadi pilihan Weekly Coverage minggu ini berdasarkan vote para fans dan follower WinPoin. Weekly Coverage adalah program WinPoin untuk membuat kamu mahir tentang suatu hal dalam waktu satu minggu. Baca tutorial IDM lainnya disini.

Pastikan kamu bergabung menjadi fans dan follower WinPoin untuk bisa ikut request dan vote tema Weekly Coverage selanjutnya.

  15 Fitur Baru Keren Android P  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.