Home Basic Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

File dengan ekstensi PDF, biasanya sering gunakan pada konten majalah digital atau e-book. Dan ukurannya bermacam-macam, tergantung dari banyak halaman didalamnya serta dari segi tampilan seperti full color atau banyaknya gambar. Karena semakin besar ukurannya, maka akan sedikit sulit jika ingin mengirim PDF melalui email karena adanya limitasi ukuran file yang bisa dikirim. Atau bisa memakan cukup ruang penyimpanan pada Hardisk.

Karena hal tersebut, solusi yang harus dilakukan adalah memperkecil ukuran dari file PDF itu sendiri. Untuk melakukannya tidak terlalu sulit, berikut cara untuk memperkecil size dari file PDF.

 

Dengan Menggunakan Software Kompresi

Cara yang pertama yaitu kamu bisa mengandalkan software kompresi untuk memperkecil ukuran file, termasuk juga file PDF. Ada banyak software yang bisa digunakan contohnya WinRAR.

Ketika sudah menginstallnya, cukup navigasi ke folder dimana PDF tersimpan, klik kanan lalu pilih Add to archive.Cara Memperkecil Ukuran File PDF (2)

Kemudian kamu bisa membuka menu Compression method lalu memilih opsi Best untuk hasil kompresi yang lebih maksimal. Serta memberikan nama sesuai keinginan, atau membiarkannya default dengan menyesuaikan nama file PDF. Jika sudah klik OK.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF (3)

Terakhir tunggu beberapa saat hingga nantinya file kompresi berhasil dibuat.

 

Dengan Menggunakan Online Tools

Jika kamu tidak ingin repot-repot menginstall software, maka kamu bisa menggunakan Online service yang bisa mengkompresi ukuran PDF. Salah satu yang bisa digunakan adalah SmallPDF.

Setelah membuka halaman website, pilih opsi Compress PDF.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF (5)

Kemudian kamu bisa drag and drop file, atau browser dan buka folder dimana file PDF tersimpan.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF (6)

Terakhir tunggu proses kompresi yang dilakukan hingga selesai, lama tidaknya tergantung dari kecepatan internet yang kamu miliki. Ketika sudah selesai maka akan terlihat berapa size yang berkurang dari ukuran sebelumnya. Berbeda dengan bantuan software kompresi yang menyimpannya dalam archive (arsip), hasilnya dari tool ini adalah real file PDF. Klik download untuk menyimpan PDF hasil kompresi.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF (7)

 

That’s it!, itu dia 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil ukuran dari file PDF. Jika kamu memiliki cara yang lain untuk mengoptimalkan ukuran PDF, jangan sungkan-sungkan untuk membaginya melalui kolom komentar

  Video: 3 Cara Download File ISO Windows 10 Terbaru  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.