Home PC Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (1)

Bagi kamu yang sedang menggunakan Windows 10 Creators Update, tentu akan menyadari bahwa sekarang akses membuka Control Panel dari Win+X menu telah dihilangkan.

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (1)

Hal tersebut mungkin bisa menjadi isyarat bahwa Microsoft perlahan-lahan akan memindahkan semua pengaturan Control Panel ke Settings. Meskipun begitu, hingga sekarang masih banyak pengaturan penting yang berada pada Control Panel yang tentunya sewaktu-waktu kita akan mengaksesnya. Dengan dihilangkannya Control Panel dari Win+X menu, maka akan menjadi sedikit memakan waktu untuk membukanya.

Namun tenang, untuk itu kali ini WinPoin akan memberikan cara agak memunculkan kembali menu Control Panel ke Win+X menu.

Memunculkan Kembali Control Panel pada Win+X Menu

  1. Navigasi ke desktop lalu klik kanan dan pilih New – Shortcut.Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (2)
  2. Kemudian pada wizard, masukan shorcut ini %windir%\system32\control.exe untuk memanggil Control Panel. Kemudian beri nama Control Panel dan ikuti wizard hingga selesai.Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (3)
  3. Buka RUN (Windows + R), kemudian masukan path %LocalAppData%\Microsoft\Windows\WinX dan tekan enter.
  4. Terdapat 3 folder yaitu Group1, Group2, dan Group3. Masing-masing merupakan pengelompokan tempat pada Win+X menu. Kamu bisa memindahkan shortcut Control Panel yang barusan dibuat tadi ke folder manapun sesuai keinginan, disini WinPoin akan memasukannya pada folder Group2.Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (4)
  5. Terakhir, reboot ulang Windows dan kamu akan langsung dapat melihat Control Panel lagi pada Win+X menu.

Seperti yang terlihat bahwa WinPoin memasukan shortcut Control Panel pada Group2, maka opsi Control Panel akan muncul pada kelompok ke-2.

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (5)

Tested on Windows 10 Build 16193 (Fall Creators Update).

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.