Home PC Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (1)

Bagi kamu yang sedang menggunakan Windows 10 Creators Update, tentu akan menyadari bahwa sekarang akses membuka Control Panel dari Win+X menu telah dihilangkan.

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (1)

Hal tersebut mungkin bisa menjadi isyarat bahwa Microsoft perlahan-lahan akan memindahkan semua pengaturan Control Panel ke Settings. Meskipun begitu, hingga sekarang masih banyak pengaturan penting yang berada pada Control Panel yang tentunya sewaktu-waktu kita akan mengaksesnya. Dengan dihilangkannya Control Panel dari Win+X menu, maka akan menjadi sedikit memakan waktu untuk membukanya.

Namun tenang, untuk itu kali ini WinPoin akan memberikan cara agak memunculkan kembali menu Control Panel ke Win+X menu.

Memunculkan Kembali Control Panel pada Win+X Menu

  1. Navigasi ke desktop lalu klik kanan dan pilih New – Shortcut.Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (2)
  2. Kemudian pada wizard, masukan shorcut ini %windir%\system32\control.exe untuk memanggil Control Panel. Kemudian beri nama Control Panel dan ikuti wizard hingga selesai.Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (3)
  3. Buka RUN (Windows + R), kemudian masukan path %LocalAppData%\Microsoft\Windows\WinX dan tekan enter.
  4. Terdapat 3 folder yaitu Group1, Group2, dan Group3. Masing-masing merupakan pengelompokan tempat pada Win+X menu. Kamu bisa memindahkan shortcut Control Panel yang barusan dibuat tadi ke folder manapun sesuai keinginan, disini WinPoin akan memasukannya pada folder Group2.Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (4)
  5. Terakhir, reboot ulang Windows dan kamu akan langsung dapat melihat Control Panel lagi pada Win+X menu.

Seperti yang terlihat bahwa WinPoin memasukan shortcut Control Panel pada Group2, maka opsi Control Panel akan muncul pada kelompok ke-2.

Cara Memunculkan Control Panel pada Win+X Menu di Creators Update (5)

Tested on Windows 10 Build 16193 (Fall Creators Update).

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.