Home Basic Cara Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis di Windows 10

Cara Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis di Windows 10

Cara Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis di Windows 10 (1)

Windows 10 memiliki fitur virtual keyboard dimana dapat membantu pengguna perangkat touch screen, sehingga memudahkan ketika ingin mengetik sesuatu. Ketika pengguna mengarahkan pointer ke area text, maka secara otomatis virtual keyboard akan muncul, namun hal tersebut hanya berlaku pada pengguna touch screen, lalu bagaimana dengan non-touch screen.

Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis

Jika kamu pengguna perangkat touch screen, maka kamu bisa mengkonfigurasinya dengan mudah melalui Settings – Device – Typing. Pengaturan yang ditawarkan akan banyak, tetapi jika kamu bukan menggunakn perangkat touch screen (seperti saya) maka tidak banyak pengaturan yang bisa dikonfigurasi.

Cara Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis di Windows 10 (4)

Jadi agar dapat memunculkannya secara otomatis pada perangkat non-touch screen, maka perlu melalui registry.

  1. Buka registry.
  2. Navigasi ke HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\TabletTip\1.7.
  3. Pada panel kanan, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-Bit) dan beri nama EnableDesktopModeAutoInvoke.Cara Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis di Windows 10 (2)
  4. Beri valuenya 1 agar aktif, kamu dapat menggantinya menjadi 0 jika tidak ingin mengaktifkannya.Cara Memunculkan Virtual Keyboard Secara Otomatis di Windows 10 (3)

That’s it!, jika tidak ingin repot-repot membuka registry, kamu bisa mengkonfigurasi registry secara cepat dengan menggunakan perintah dibawah ini, yang bisa kamu jalankan dari Command Prompt as Admin.

reg add "HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\TabletTip\1.7" /v EnableDesktopModeAutoInvoke /t REG_DWORD /d 1

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.