Artikel kali ini akan memberitahu kamu bagaimana cara mencegah aplikasi untuk berjalan di Windows 10. Hal ini dapat berguna terlebih bagi kamu kalangan yang berkerja pada bagian IT yang ingin memberikan peraturan untuk komputer client untuk tidak membuka aplikasi tertentu.

Untuk mencegah aplikasi untuk berjalan, pastikan kamu mengetahui file executable (.exe) dari aplikasi terkait. Misalnya saja untuk aplikasi uTorrent yang memiliki file uTorrent.exe. Setelah itu, kamu bisa memasukan nama aplikasi tersebut pada pengaturan di Group Policy Editor.

Baca juga:

Mencegah Aplikasi Berjalan di Windows 10

  1. Buka Group Policy Editor.
  2. Navigasi ke User Configuration > Administrative Templates > System.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Don’t run specified Windows applications.
  4. Klik opsi Enabled dan pilih menu Show.
  5. Masukan nama aplikasi yang diinginkan, disini kamu bisa memasukan lebih dari satu aplikasi. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  6. Klik OK kembali untuk menyimpan pengaturan.
  7. Done.

Setelah proses selesai (disini kamu tidak memperlukan proses restart), maka kamu akan mendapati pesan “This operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer. Please contact your system administrator.” ketika mencoba menjalankan aplikasi yang diblokir.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang sama seperti diatas dan mengganti opsi menjadi Not Configured pada langkah ke-4.

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.