Home PC Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap Pada Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap Pada Windows 10

aerosnapwindows10_1

Aero Snap merupakan salah satu dari bagian fitur Aero sejak adanya Windows 7. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengubah ukuran jendela aplikasi (baik itu Modern Apps ataupun Win32Apps) menjadi seukuran setengah layar ataupun 1/4 ukuran layar sehingga bisa membuat pekerjaan lebih produktif

Fitur ini juga merupakan pelengkap dari fitur Aero Shake, yang dapat berguna ketika ingin meminimize jendela yang tidak digunakan.

Menggunakan Aero Snap

Ketika fitur ini aktif, cara menggunakannya cukup dengan drag jendela ke sisi kanan, kiri ataupun atas layar hingga muncul overlay transparan. ketika overlay tersebut muncul kamu dapat langsung drop untuk menyesuaikan ukuran jendela tersebut. Untuk sisa setengah dari layar dapat kamu gunakan untuk aplikasi lain.

Selain itu juga kamu dapat menggunakan keyboard untuk menjalankan fitur Aero Snap ini. Caranya cukup dengan menggunakan kombinasi tombol Windows Key (WinKey) dengan tombol Arrow (, ↑, →,).

aerosnapwindows10_4

Mengaktifkan atau Mematikan Fitur Aero Snap

Pada Windows 10 fitur ini secara default dapat langsung digunakan, tetapi jika tidak ataupun tidak ingin menggunakan fitur ini maka kamu harus mengkonfigurasinya secara manual.

Caranya buka ‘Settings‘ (WinKey + I). Lalu navigasilah ke ‘System – Multitasking‘.

aerosnapwindows10_5

Untuk mengaktifkan fitur Aero Snap, cukup slide ke On pada opsi ‘Arrange windows automatically by dragging them to the sides of corners of the screen‘.

aerosnapwindows10_6

Selain mengaktifkan Aero Snap, terdapat 2 lagi opsi bawahnya yang dapat kamu atur sesuai keinginan. Slide ke On pada opsi ‘When I snap more than one window, automatically adjust the size of the windows‘ jika ingin mengubah ukuran jendela secara otomatis ketika melakukan snap lebih dari 1 jendela. Slide ke On pada opsi ‘When I snap a window, show what I can snap next to it‘ jika ingin menampilkan jendela mana yang dapat di snap setelah melakukan snap yang pertama.

aerosnapwindows10_7

That’s It 😄

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.