Home PC 4 Cara Boot ke Advanced Startup Options di Windows 10

4 Cara Boot ke Advanced Startup Options di Windows 10

advancedstartupwindows10_1

Advanced Startup Options yang muncul sejak era Windows 8 ini, menawarkan beberapa opsi untuk melakukan troubleshooting terhadap sistem jika mengalami masalah, mulai dari System Restore, Recovery Image, Boot ke Safe mode, dsb.

Di Windows 10, kamu dapat menggunakan 4 cara untuk masuk ke Safe mode ini, berikut ulasannya.

Dengan Restart (Sambil Menahan Tombol Shift)

Ini merupakan cara yang paling mudah untuk masuk ke Advanced Startup. Caranya dengan klik ‘Restart‘ sambil menahan tombol [Shift] pada Keyboard.

advancedstartupwindows10_2

Terus tahan tombol [Shift] hingga masuk ke Advanced Startup, jika sudah baru kamu dapat melepaskan tombol tersebut.

Melalui Settings

Selain Reboot melalui restart secara manual dengan tombol [Shift]. Kamu dapat restart melalui Settings. Caranya buka Settings (WinKey + I) lalu Navigasi ke ‘Update & Security – Recovey‘.

advancedstartupwindows10_3

Pada sisi kanan jendela, klik ‘Restart Now‘ pada opsi Advanced Startup dengan begitu kamu akan diarahkan ke Advanced Startup tanpa perlu menahan tombol Shift.

Melalui Command Prompt as Admin

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan melalui Command prompt. Caranya buka Command prompt as Administrator (WinKey + X lalu tekan tombol ‘A’ pada keyboard), lalu ketikan

shutdown.exe /r /o /f /t 00

advancedstartupwindows10_4

Dengan begitu maka sistem akan langsung reboot ke Advanced Startup. Dan sebelum melakukannya pastikan kamu sudah save semua pekerjaan yang berjalan karena komputer akan langsung merestart tanpa persetujuan dari user. atau kamu dapat mengganti angka ‘00‘ dengan angka lain misalnya jika ingin shutdown dalam waktu 5 menit maka ganti angka tersebut dengan ‘300‘.

Menggunakan Shortcut

Jika kamu tidak ingin report-repot menahan tombol Shift, membuka Settings ataupun membuka Command prompt. Kamu dapat menggunakan shortcut, dengan membuatnya maka kedepannya jika ingin masuk ke Advanced Startup akan lebih mudah diakses.

Untuk membuatnya pertama pada desktop, klik kanan lalu pilih ‘New – Shortcut‘.

advancedstartupwindows10_5

Lalu ketikan/copy perintah ini pada kolom yang ada. Setelah itu pilih Next.

shutdown.exe /r /o /f /t 00

Sama seperti cara nomor 3, kamu dapat mengganti angka ‘00‘ sesuai dengan keinginan.

advancedstartupwindows10_6

Kemudian beri nama Shortcut sesuai dengan keinginan, misalnya ‘Advanced Startup Options‘. Klik Finish untuk membuat Shortcut tersebut.

advancedstartupwindows10_7

Dengan begitu maka shortcut berhasil dibuat, dan kamu juga dapat menggantinya dengan Shortcut lain sesuai dengan keinginan.

advancedstartupwindows10_8

Tentunya semua cara diatas dari nomor 1, 2, 3, dan 4. Ujung-ujungnya adalah Advanced Startup Options. Jadi yang membedakannya hanya caranya saja, kamu dapat memilih salah satu cara yang menurut kamu paling fleksibel. 😁

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.