Artikel kali ini akan membahas bagimana cara mengaktifkan fitur DNS over HTTPS (DoH) pada browser Opera.

Bagi kamu yang tidak familiar dengan DoH, DNS over HTTPS merupakan protokol baru yang didesign untuk meningkatkan privasi dan keamanan dengan cara mengenkripsi DNS menggunakan protokol HTTPS untuk mencegah kegiatan snooping data dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Karena yang didesign untuk meningkatkan privasi dan keamanan dengan cara mengenkripsi DNS menggunakan protokol HTTPS untuk mencegah kegiatan snooping data dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fitur DoH sendiri sudah hadir pada browser Opera semenjak versi 65 beta, namun pada saat itu kamu perlu mengaktifkannya secara manual melalui flag. Pada Opera 67 versi stable, kamu bisa mengaktifkan fitur DoH melalui settings secara mudah.

Mengaktifkan DNS over HTTPS di Opera

  1. Buka browser Opera.
  2. Gunakan shortcut ALT + P untuk membuka halaman Settings.
  3. Navigasi ke menu Advanced > Browser.
  4. Pada panel kanan, scroll kebawah hingga menemukan menu System. Kemudian swipe ke kanan pada opsi DNS-over-HTTPS instead of the system’s DNS settings.
  5. Kemudian kamu dapat memilih provider antara Cloudfire (default) atau Google Public DNS, selain itu kamu juga bisa menggunakan custom DNS server jika punya.
  6. Done.

Setelah proses selesai, maka Opera akan mengenkripsi DNS yang mana hal tersebut dapat meningkatkan privasi ketika browsing.

Mengingat Opera merupakan browser yang berbasis Chromium, kamu juga bisa mengaktifkan fitur DoH pada browser Chromium lainnya seperti Microsoft Edge ataupun Google Chrome.

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.