Google baru-baru ini merilis versi terbaru dari browser Chrome, dengan membawa nomor versi ke 79. Pada versi terbaru ini, terdapat opsi experimental baru yaitu Tab Freezing. Dimana ketika fitur ini diaktifkan, maka browser dapat memberhentikan pengguna CPU pada tab yang jarang digunakan. Selain itu browser juga akan memberhentikan aktivitas secara otomatis pada browser yang tidak digunakan lebih dari 5 menit.

Perlu diketahui, Experimental sendiri merupakan halaman tersembunyi dimana Google menggunakannya sebagai testing fitur baru sebelum dirilis ke publik. Sisi baiknya, kamu bisa mencoba fitur-fitur baru yang sedang diuji coba oleh Google, tetapi terdapat resiko yang harus diterima jika sewaktu-waktu fitur yang diaktifkan melalui experimental ini bermasalah, mengingat sejak awal fitur-fitur tersebut masih uji coba.

Mengaktifkan Tab Freeze di Google Chrome

  1. Buka Google Chrome.
  2. Masukan URL berikut pada address bar, chrome://flags/#proactive-tab-freeze.
  3. Buka menu drop down dan pilih opsi Enabled. Terakhir restart Chrome dengan cara klik opsi Relaunch Now pada bagian pojok bawah browser.
  4. Done.

Terdapat opsi Freezing yang bisa kamu coba, diantaranya:

  • Enabled Freeze – No Unfreeze: Chrome tidak akan mengaktifkan lagi tab yang Freeze. Jadi akan freeze secara permanen
  • Enabled Freeze – Unfreeze 10 seconds every 15 minutes: Chrome akan membuat tab menjadi Unfreeze selama 10 detik setiap 15 menit sekali.

Lagi, pastikan kamu sudah menggunakan Google Chrome versi 79.0.3945.79 agar bisa mencoba fitur ini.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.