Pernah enggak kamu menemukan masalah dimana ketika kamu ingin mengubah skenario power mode melalui icon battery di notifications area, slider malah tidak tampil dan menghilang.

Begini contohnya

Masalah ini, setelah saya research ternyata bermula sejak Windows 10 Fall Creator Update yang dirilis hampir dua tahun lalu, dan sampai sekarang masih banyak yang mengamalaminya juga.

Nah untuk kamu yang mengalami masalah yang sama, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut, namun perlu diperhatikan langkah ini hanya bersifat sementara karena kadang tiba tiba power mode slider itu menghilang lagi, namun cukup lah untuk mengatasi rasa penasaran.

Cara 1. Set Power Plan Menjadi Balanced

Jika kamu menggunakan Power Plan ‘High Performance’ atau Power Saver, silahkan kamu masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Power Options, dan set dari Power Plan tersebut ke Balanced.

Dan lihat hasilnya, dalam kasus saya power mode Slider kini muncul dengan normal.

Cara 2. Ubah Power Plan Dari Windows Mobility Center

Jika seandainya pada Power Options di Control Panel tidak ada Power Plan yang lain ‘yang saya juga gak tahu kenapa suka menghilang’, kamu bisa menggunakan fitur dari Windows Mobility Center.

Langkah 1. Klik kanan Icon Battery > Windows Mobility Center.

Langkah 2. Didalam Windows Mobility Center, pada bagian Power Plan kamu set dari Power Saver atau High Performace ke Balanced.

Coba kamu cek pada icon battery, apakah power mode slider itu sudah muncul, jika belum klik lagi biasanya ada jeda beberapa detik.

Catatan : Jika kamu mengalami masalah padahal Power Plan kamu dalam status Balanced, silahkan kamu ubah ke High Performance atau ke Power Saver dari Windows Mobility Center dan ubah kembali ke Balanced.

Nah silahkan kamu coba sendiri, perlu diperhatikan juga bahwa kadang masalah ini muncul kembali, dan kadang juga normal, namun untuk cara singkatnya kamu bisa menggunakan salah satu dari dua langkah diatas untuk mengatasinya.

Semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.