Baru baru ini saya mendapati sebuah masalah yang cukup menyebalkan dimana salah satu komponen di Task manager yaitu Shell Infrastructur Host terlihat menggunakan CPU Usage tinggi, dengan itu tentu perangkat yang saya gunakan menjadi panas dan berisik, bahkan membuat battery cepat habis dan lambat ketika digunakan.

Nah jika kamu mendapati hal yang sama, dan kebetulan ingin mengatasi hal tersebut, mungkin beberapa langkah dibawah ini bisa membantu kamu.

Restart Perangkat

Yang pertama bisa kamu coba adalah melakukan restart Windows 10 yang kamu gunakan, silahkan kamu restart terlebih dahulu, dan pastikan kembali di Task Manager apakah Shell Infrastructur Host masih memakan CPU Usage atau tidak.

Jalankan Windows Update

Jika langkah pertama tidak mengatasi masalah, langkah kedua adalah pastikan bahwa kamu telah mencapai versi terbaru dari Windows 10 yang kamu miliki, kamu bisa check Windows Update di halaman Settings > Update & Security > Windows Update, kemudian klik Check for updates.

Jalankan File System Checker

Jika seandaikan kedua langkah sebelumya tidak mengatasi masalah, kamu bisa melakukan pengecekan pada file system, caranya di Command Prompt as Administrator, silahkan kamu masukkan perintah berikut:

sfc /scannow

Dan tunggu hingga proses verifikasi selesai.

Dari apa yang terjadi dalam kasus saya, langkah ketiga berhasil mengatasi masalah dimana Shell Infrastructur Host menggunakan CPU Usage secara tidak normal.

Lalu apa sih fungsi dari Shell Infrastructur Host ini?, Shell Infrastructur Host ini sendiri merupakan bagian dari system yang mengatur sejumlah komponen grafis,, seperti start menu, taskbar transparency, background slideshow, calendar, clock, dan lainnya.

Dan jika Shell Infrastructur Host menggunakan CPU Usage tinggi, maka ada sejumlah komponen yang disebutkan diatas yang mungkin sedang bekerja keras, entah itu karena adanya masalah atau memang sedang user itu sendiri gunakan.

Menurut informasi seperti dilansir dari Partition Wizard, Shell Infrastructur Host di versi Windows terbaru kini sudah diperbaiki dengan tidak menggunakan CPU Usage terlalu tinggi, namun jika kamu mendapati masalah ini di Windows 10 atau bahkan di Windows 11, langkah diatas bisa kamu coba.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.