Seperti yang kita tahu, Microsoft akhir akhir ini menambahkan sejumlah kemampuan baru pada komponen Windows 10 dan bahkan Windows 11, dimana salah satunya adalah peningkatan Windows Search bernama Search Highlight yang sudah diperkenalkan melalui Update KB5014668 untuk Windows 11.

Nah dengan update tersebut, pengguna Windows 11 akan mendapati Windows Search mereka lebih terintegrasi dengan Bing dan MSN dimana dengan fitur ini pula, pengguna akan ditawarkan “interesting moments” yang mana system akan mempelajari apa yang terjadi disekitar kamu, di internet, dimanapun, termasuk di pekerjaan kamu, sehingga search bar akan menerima update terus menerus yang akan menawarkan kamu topik yang relevant yang mungkin menarik untuk kamu baca dan cari.

Intergrasi Bing dan MSN ini tentu menjadi hal bagus bagi mereka para pengguna Bing dan MSN, namun tentu tidak semua orang pengguna layanan tersebut kan?, sehingga fitur ini justru mengganggu dan menghilangkan kesan minimalis dari Windows 11 itu sendiri.

Selain itu, dapat dikatakan bahwa Integrasi Bing dan MSN di Windows Search sendiri lebih menguntungkan Microsoft, karena dengan itu akan semakin banyak pengguna yang akan menggunakan layanan mereka tersebut.

Menonaktifkan Fitur Ini Masih Dimungkinkan Untuk Sekarang

Ada cukup banyak pengguna diluar sana yang tidak terlalu suka dengan fitur ini karena beberapa pengguna menganggap Microsoft terus mengikuti apa yang pengguna cari melalui Windows Search.

Untuk saat ini selain kita bisa menggunakan langkah yang telah WinPoin tulis dalam halaman Cara Mematikan Search Highlights di Windows 10. Ada sebuah trik menggunakan Registry Editor yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan fitur tersebut dan mematikan integrasi Bing dan MSN di Windows Search, dimana dengan menambahkan DisableSearchBoxSuggestions dengan nilai 1 pada registry key berikut:

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows\Explorer

Pendapat Saya

Sebagai pengguna Windows 10 dan Windows 11, menurut saya kemampuan dan integrasi Bing dan MSN di Windows 11 merupakan suatu fitur yang harusnya bersifat optional, karena memang sekali lagi tidak semua pengguna menggunakan fitur tersebut.

Dan seandainya jika Microsoft ingin menambahkan fitur ini secara default kedalam system Windows 11, harusnya Microsoft menambahkan sebuah pengaturan dimana pengguna bisa dengan bebas menonaktifkannya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai Integrasi Bing dan MSN yang semakin ketat di Windows 11 ini?, apakah kamu suka? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.