mengintegrasikangooglecontact_0

Saat ingin berganti platform, seringkali kamu harus menyesuaikan ‘kebiasaan’ dan ‘bawaan’ dari platform yang baru. Yang saya maksudkan di sini, jika di Windows 10 (atau juga Windows 10 Mobile), seringkali kamu perlu menggunakan Outlook, maka saat berpindah ke Android, kamu perlu memindahkan kontak dan data kamu ke Google. Ekosistem Apple mungkin sedikit lebih ramah karena kamu hanya perlu memasukkan email yang menjadi sumber kontak kamu. Nah, untuk kamu yang ingin mengekspor kontak Outlook untuk kemudian dipindahkan ke platform lain karena satu dan lain hal, maka berikut ini cara melakukannya!

Cara yang paling mudah melakukannya adalah dengan menggunakan browser. Sebagai langkah pertama, kamu perlu membuka outlook.com

Setelah itu klik tombol di sudut kiri atas, klik atau tap pada People.

Untuk mengekspor kontak kamu, klik Manage, lalu klik Export Contacts.

Kamu akan mendapatkan kotak dialog yang memberikan pilihan jenis kontak apa yang ingin diekspor. Jika ingin berpindah total ke platform lain (dalam contoh ini adalah Google), maka klik All Contacts, lalu klik tombol Exports.

Selanjutnya, buka akun Gmail kamu. Di tombol Gmail yang terletak di sudut kiri atas, klik Contacts untuk menampilkan halaman kontak.

Nah, di panel kiri, klik Others lalu klik Import. Dalam hal ini yang akan kamu impor adalah kontak dari akun Outlook kamu.

Akan keluar kotak dialog baru. Pilih opsi CSV File or vCard

Nah, pada tipe UI yang baru, sepertinya ada keterbatasan untuk mengimpor file CSV. Akan keluar kotak dialog lanjutan yang menawarkan untuk mengimpor dari Google Contact versi lama. Pilih Open Old Version.

Browser akan membuka halaman baru. Di panel kiri, kamu akan melihat opsi Import Contacts.

Selanjutnya akan muncul dialog yang meminta kamu untuk memilih file CSV yang sudah kamu simpan atau ekspor dari Outlook sebelumnya.

Setelah proses impor selesai, maka seluruh kontakmu yang tadinya tercatat di Outlook akan berpindah ke Google.

Cara impor kontak melalui browser ini, menurut pengalaman saya, memiliki rasio keberhasilan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan cara download aplikasi tertentu yang menawarkan untuk mengekspor dan mengimpor kontak. Namun demikian, tidak ada salahnya jika kamu mencoba aplikasi-aplikasi tersebut. Jangan lupa ceritakan pengalaman kamu, mana sekiranya yang lebih praktis untuk memindahkan kontak dari Outlook ke Google.

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.