Seperti yang kamu tahu, Google baru saja menghilangkan tombol View Image dan Search by Image di hasil pencarian Google. Jadi jika sebelumnya ketika kamu mencari gambar, maka kamu tinggal klik saja tombol “View Image” untuk melihat gambarnya secara penuh, tetapi kini tidak lagi.

Cara Mengembalikan Lagi Tombol "View Image" dan "Search by Image" di Google Search

Dengan dihilangkannya tombol “View Image”, kamu harus klik kanan gambar di hasil pencarian dan “Open image in new tab” untuk membukanya — atau lebih buruk lagi dengan dihilangkannya tombol “Search by Image”, untuk cari gambar serupa kamu harus copy dulu URL gambar tersebut dan di-paste manual di fitur Search by Image Google.

Ribet ya..?

Google melakukan hal ini untuk mengurangi pembajakan foto berlisensi, karena banyak pencari bisa mendapatkan gambar dan foto dengan mudah — padahal foto tersebut memiliki lisensi komersial. Hal ini membuat Google dituntut oleh banyak perusahaan seperti Getty misalnya, yang memang berbisnis dari jualan lisensi foto.

Cara Mengembalikan Tombol View Image dan Search by Image

Nah bagi kamu yang sering menggunakan tombol View Image dan Search by Image ini di Google Images, kamu bisa mengembalikan lagi tombol tersebut dengan mudah.

Kamu bisa memanfaatkan add-on / ekstensi browser View Image. Kamu bisa menginstallnya di Firefox, Chrome, ataupun browser berbasis Chromium lainnya. (Baca juga: Cara Install Ekstensi Google Chrome di Opera)

Download saja ekstensi View Image tersebut disini:

Untuk versi userscript, bisa kamu masukkan langsung ke userscript manager seperti Greasemonkey atau Tampermonkey.

Setelah memakai add-on / ekstensi tersebut, kamu akan kembali menemukan tombol View Image dan Search by Image di hasil pencarian gambar Google.

Cara Mengembalikan Lagi Tombol "View Image" dan "Search by Image" di Google Search

Nah itulah dia cara mengembalikan tombol View Image dan Search by Image di Google Images. Jangan lupa bagikan ke teman kamu jika dirasa bermanfaat, atau tinggalkan komentar jika ada pertanyaan dan tanggapan.

  Review Aplikasi Streaming Piala Dunia 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.