Home Basic Cara Mengganti Nama Power Plan di Windows 10

Cara Mengganti Nama Power Plan di Windows 10

menggantinamapowerplanwindows10 (0)

Seperti yang kita tahu, bahwa Power Plan menyimpan sekma penggunaan hardware dan sistem terhadap daya. Dan secara default, Windows 10 memiliki skema power plan Balance, Power Saver dan High Performance. Tetapi kamu juga bisa membuat Custom Power Plan untuk membuat skema sendiri dari awal.

Tetapi sayangnya, Power Plan tidak memiliki fitur untuk mengganti nama plan. Meskipun tidak 100% menutup kemungkinan. Microsoft tidak memberikan kamu cara yang mudah untuk melakukannya.

Kamu harus menggunakan ultility powercfg.exe. Berfungsi untuk memanage penggunaan sistem terhadap daya yang dijalankan melalui Command Prompt.

Rename Power Plan

Pertama buka Command prompt bisa dengan atau tanpa Administrator Previlege, lalu ketikan.

powercfg /L

menggantinamapowerplanwindows10 (1)

Output dari perintah diatas, akan muncul daftar nama Power Plan yang ada. Untuk mengganti nama Power Plan, pilih salah satu kemudian masukan perintah berikut. Sebagai contoh disini saya akan mengganti nama ‘Power Plan (Hemat Baterai)‘.

powercfg -changename GUID "New Name"

Perlu diketahui bahwa untuk ‘GUID‘ adalah deretan alphanumeric pada Power Scheme, sedangkan ‘New Name‘ adalah nama Power Plan yang baru. Pada kasus saya, berarti perintah yang harus diketikan adalah.

powercfg -changename baf5d789-dfe0-48dd-a9f0-376432e2b417 "Skema Hemat Daya"

menggantinamapowerplanwindows10 (2)

Dengan begitu maka nama Power Plan akan berganti dari ‘Power Plan (Hemat Baterai)’ menjadi ‘Skema Hemat Daya’. Untuk memastikannya kamu dapat mengetikan kembali perintah awal atau membuka Power Options.

That’s it!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.