Sebuah fitur baru yang tampaknya jarang pengguna ketahui karena memang Microsoft menyimpannya di halaman yang bahkan tidak semua orang mengaksesnya. Disebut dengan Fresh Start, berdasarkan penjelasan dari halaman Microsoft, fitur ini akan menjalankan clean reinstall dan update dari Windows tanpa menghilangkan data dan sebagian besar settings di Windows.

Nah terkait hal ini, seperti kita tahu kadang beberapa vendor memberikan dan memasukkan sebagian bloatware nya kedalam Windows 10, dan dengan Fresh Start ini, pengguna bisa menghapus bloatware tersebut dan mendapatkan pengalaman original dengan Windows 10 yang benar benar bersih.

Lalu bagaimana cara menggunakan Fresh Start? berikut adalah langkah langkahnya.

Langkah 1. Klik Start > Settings > Update and Security > Windows Security.

Langkah 2. Selanjutnya klik ‘Device performance & health’ tepat seperti gambar diatas, yang mana selanjutnya akan membuka Windows Security.

Langkah 3. Selanjutnya dibawah Fresh Start, klik pada Additional Info > Get Started untuk memulai proses.

Dan seharusnya proses dari Fresh Start ini akan langsung berjalan. Perlu diperhatikan bahwa sebagian aplikasi yang sudah kamu install akan dibersihkan dan dihapus sebagaimana tujuan dari fitur ini dijelaskan.

Nah jika kamu mendapati masalah dimana tombol Get Started itu tidak ada, silahkan baca artikel berikut.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.