Di Windows 10, mulai dari Windows 10 Creators Update sampai Windows 10 May 2020 Update, di halaman Windows Security kita bisa menemukan sebuah fitur bernama Fresh Start, fitur ini memang bekerja untuk melakukan Reinstall Windows 10 kembali ke pengaturan awal agar pengalaman menggunakan Windows 10 terasa maksimal. Namun bedanya dengan Reset This PC itu apa?. Nah pada artikel inilah kita akan sedikit rangkum dan bahas.

Fresh Start

Berdasarkan halaman Microsoft, Fresh Start berfungsi untuk menjalankan clean reinstall dan update dari Windows 10 tanpa menghilangkan data dan sebagian besar settings di Windows, sehingga dengan itu perangkat yang berisi bloatware akan dibersihkan termasuk aplikasi Office, Antivirus, dan aplikasi lain yang ditanamkan vendor perangkat.

Letak Fresh Start ada di Windows Security > Device performance and Heath.

*Update 16 Juni 2020

Khusus Windows 10 May 2020 Update, Microsoft tampaknya memindahkan fungsi Fresh Start, dimana fungsinya sudah dipindahkan ke Reset This PC, yang terletak dibawah Settings > Update & Security > Recovery > Reset This PC > Get Started, selanjutnya pengguna bisa memilih ‘Keep my Files’ dan terakhir pilih pada Restore Preinstalled Apps ke ‘No’.

Reset This PC

Sedangkan fitur Reset This PC berfungsi untuk mengembalikan pengaturan Windows ke Original Custom Image yang diberikan vendor perangkat (jika mesin yang baru dibeli, hadir dengan OS bawaan yang belum pernah dilakukan clean install).

Ketika kamu menggunakan Reset Option, Windows 10 akan di reinstall, namun semua aplikasi yang sebelumnya hadir (termasuk bloatware, trialware, driver) dan lainnya yang hadir preinstalled dengan perangkat kamu akan ikut di install juga.

Fitur ini akan berbeda hasilnya jika kamu sudah melakukan Clean Install dari Disk Image yang kamu download dari halaman Microsoft secara langsung.

Letak Reset This PC ada di > Settings > Update & Security > Recovery.

Kesimpulan

Nah dari kedua fitur tersebut, memang terdengar sama, namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda, dimana pada Fresh Start, data pengguna masih akan tersimpan, dan semua aplikasi diluar dari aplikasi bawaan Windows 10 akan dihapus sepenuhnya, sedangkan untuk Reset This PC, kamu memang dapat menyimpan semua data pengguna, namun ketika reset selesai bloatware yang sebelumnya telah ada, maka akan diinstal kembali (misalkan saja seperti Lenovo App Explorer dan lain lain).

Nah semoga artikel ini sedikit dapat menjawab pertanyaan kamu, semoga bermanfaat.

  Unboxing REDMI 9 Indonesia yang LAGI HOT..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.