Fresh Start, sebuah fitur yang jarang orang tahu ini tampaknya tidak bekerja dengan baik pada banyak perangkat pengguna, dimana tombol ‘Get Started’ yang harusnya bekerja untuk menjalankan fitur utama malah menghilang.

Bagi yang belum tahu, Fresh Start mulai diperkenalkan di Windows 10 Creators Update atau bernama Refresh Windows Tool jika di Windows 10 Aniversary Update beberapa tahun lalu,berfungsi untuk menjalankan clean reinstall dan update dari Windows 10 tanpa menghilangkan data dan sebagian besar settings di Windows, sehingga dengan itu perangkat yang berisi bloatware akan dibersihkan demi mendapatkan pengalaman Windows 10 yang terbaik.

Baca Juga : Beda Fresh Start dan Reset This PC

Namun terkait hal itu tampaknya, fitur tersebut belum sempurna untuk dijalankan. Dilansir dari halaman Techdows, bahkan sejak berbulan bulan lalu, masalah dimana tombol ‘Get Started’ yang menghilang ini sudah diumumkan dalam Feedback Hub, tapi Microsoft malah merilis Windows 10 May 2020 Update tanpa memberikan perbaikan dalam fitur tersebut.

Via Techdows

Dan bahkan, ketika kita mencoba mencari masalah serupa, banyak thread lain yang dilaporkan banyak pengguna.

Via Techdows

Nah jadi bagi kamu yang khawatir akan kenapa fitur ini tidak bisa digunakan, tenang karena bukan hanya kamu saja yang mendapati masalah yang sama.

Nah kamu sudah tahu masalah ini? silahkan berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah.

Via : Techdows

Update 16 Juni 2020

Khusus Windows 10 May 2020 Update, Microsoft tampaknya memindahkan fungsi Fresh Start, dimana fungsinya sudah dipindahkan ke Reset This PC, yang terletak dibawah Settings > Update & Security > Recovery > Reset This PC > Get Started, selanjutnya pengguna bisa memilih ‘Keep my Files’ dan terakhir pilih pada Restore Preinstalled Apps ke ‘No’.

“Fresh start is available for Windows 10 versions prior to 2004. For version 2004 and after, Fresh start functionality has been moved to Reset this PC. To reset your PC, go to Start  > Settings  > Update & Security   > Recovery  > Reset this PC Get Started. Then select Keep my files, choose cloud or local, change your settings, and set Restore preinstalled apps? to No. “ Dilansir dari Halaman Microsoft

Sedangkan untuk Windows 10 1909 kebawah, Fresh Start masih ada di halaman yang sama di Windows Security > Device Performance and Health.

Terima kasih : Rudy Triokariawan via Disqus

  Gimbal HP Murah Ini Stabil Banget! Review Feiyutech Vlog Pocket 2  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.