Di Windows 10, fitur Storage Sense berguna untuk membersihan file yang tidak berguna untuk mengembalikan ruang penyimpanan yang penuh. File yang dihapus sendiri biasanya file junk atau file yang tersimpan pada recycle bin.

Meskipun fitur ini sangat berguna, tetapi terdapat sedikit keterbatasan dimana tidak adanya opsi menambahkan file tertentu untuk memonitor dan menghapusnya secara otomatis ketila tidak adanya perubahan pada file tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Jadi jika kamu menyimpan file yang tidak begitu berguna pada lokasi tertentu, kamu bisa menggunakan PowerShell untuk memonitor dan menghapusnya dalam jangka waktu N hari.

Menghapus File dalam Jangka Waktu Tertentu secara Otomatis di Windows 10

  1. Buka PowerShell as Administrator.
  2. Ketikan perintah dibawah ini dan tekan enter pada keyboard.
    Get-ChildItem –Path "C:\Users\rizky\Documents\test" -Recurse | Where-Object {($_.LastWriteTime -lt (Get-Date).AddDays(-17))} | Remove-Item

    Pada perintah diatas, kamu dapat mengganti tulisan warna merah dengan path folder yang diinginkan, dan warna biru dengan angka tenggat waktu (hari) yang diinginkan.
  3. Done.

Setelah proses selesai, maka folder yang kamu masukan akan terhapus (berserta isinya) pada jangka waktu yang diberikan.

  Instagram Jahat! Nasib SMS di Ujung Tanduk..  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.