Home Tutorial 5 Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

5 Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Ketika kamu meninggalkan komputer dengan keadaan monitor menyala, kamu membuat listrik terbuang percuma. Apalagi PLN di indonesia menciptakan listrik pintar, beberapa rumah pasti sudah menggunakan teknologi ini. Sistem yang digunakan Listrik Pintar seperti pembelian pulsa pada ponsel, kamu membeli pulsa listrik dulu baru bisa menggunakannya.

Bagi kamu yang sering meninggalkan monitor dengan keadaan menyala, entah itu untuk mendownload atau kamu meninggalkannya sebentar ke kamar mandi,  berikut ini WinPoin akan memberikan beberapa tips cara menghemat listrik monitor untuk membantu kamu menghemat listrik. Selain untuk menghemat listrik, kamu juga bisa memperpanjang umur monitor karena dimatikan ketika tidak digunakan.

 

1# – Matikan Monitor secara Manual

Cara paling simpel untuk menghemat listrik kamu adalah mematikan monitor komputer kamu secara manual ketika tidak digunakan. Mungkin untuk komputer desktop ini mudah dilakukan, kamu tinggal memencet tombol power dari monitor untuk mematikannya. (Baca: Apa Perbedaan LCD dan LED??)

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Bagaimana dengan laptop? Tergantung dari merek dan model laptop yang kamu gunakan, mungkin ada perintah shutdown layar monitor yang disediakan di salah satu function key. Untuk lebih memastikan apakah laptop kamu memiliki function key yang berfungsi mematikan layar monitor, cari di buku panduan laptop tersebut. Atau googling dengan menggunakan merek dan tipe laptop kamu dengan akhiran function key. Jika laptop kamu tidak memiliki fungsi mematikan monitor, kamu masih bisa mengikuti tips lainnya di bawah ini.

 

2# – Atur Power Plan Settings

Bagi pengguna laptop mungkin kesulitan untuk menemukan cara mematikan layar monitor dibandingkan dengan pengguna desktop. Jika kamu ingin lebih menghemat baterai laptop dengan mematikan monitor ketika tidak digunakan, kamu masih bisa menggunakan pengaturan bawaan Windows.

Dengan tools Power Plan Settings, kamu bisa mengatur penggunaan monitor, sleep dan bahkan kecerahan layar. Untuk membuka Power Plan Settings, buka Control Panel>Hardware and Sound>Power Options dan pilih Change Plan Settings pada opsi yang kamu gunakan sekarang.

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Dari sini kamu bisa melihat dua opsi penting yaitu:

  • Turn off the display untuk mengatur kapan Windows mematikan layar ketika komputer tidak digunakan.
  • Put the computer to sleep untuk mengatur kapan Windows mematikan laptop dengan mode sleep ketika tidak digunakan.

Untuk mematikan layar secara otomatis ketika tidak digunakan atur waktu berapa menit di Turn off the display. Dengan begini baterai laptop kamu akan lebih hemat dibandingkan dengan sebelumnya.

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

 

3# – Matikan Screen saver

Sebelumnya WinPoin sudah pernah membahas kalau menggunakan Screen saver tidak membantu kamu untuk menghemat energi, terutama bila kamu menggunakan monitor LCD. Screen saver adalah metode menghemat energi yang digunakan untuk monitor CRT atau monitor cembung. Sedangkan monitor LCD seharusnya menggunakan Power Saving seperti cara di atas. (Baca: Sebenarnya Apa Sih..Kegunaan Screen Saver?)

Jika kamu menggunakan monitor LCD itu berarti kamu harus mematikan screen saver. Untuk mematikan Screen saver, klik kanan pada area kosong di desktop dan pilih Personalize. Kemudian klik Screen saver di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu Ubah Screen saver menjadi None.

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

 

4# – Buat Shortcut Untuk Mematikan Layar

Kalau kamu tidak ingin menyentuh tombol power monitor, mungkin kamu bisa menggunakan cara yang akan WinPoin berikan berikut ini. Kamu bisa membuat shortcut untuk mematikan layar monitor tanpa menggunakan tombol power. Caranya dengan memanfaatkan software NirCmd yang memungkinkan kamu untuk menjalankan task tertentu menggunakan command line.

Pertama download dulu NirCmd dan extract software ini ke folder mana pun. Setelah itu buat shortcut di desktop dan ketikkan perintah “alamat path software nircmd” cmdwait 1000 monitor off seperti gambar di bawah. Beri nama shortcut apa pun sesuai dengan keinginan kamu. Untuk mengganti icon shortcut, kamu bisa mengklik kiri pada shortcut tersebut dan pilih Properties.

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

Catatan: cmdwait 1000 monitor off artinya perintah akan dilakukan setelah 1000 milidetik untuk mematikan monitor.

Untuk menghidupkan kembali layar monitor kamu hanya perlu menekan tombol power pada monitor. Jika tiba-tiba layar komputer mati lagi maka nyalakan lagi dan gerakan mouse.

 

5# – Gunakan Shortcut Keyboard

Buat kamu yang lebih suka menggunakan shortcut keyboard, kamu bisa mematikan monitor dengan shortcut keyboard yang kamu buat sendiri. Mengadopsi dari tips di atas, kamu tinggal klik kanan shortcut tersebut dan pilih Properties. Pada tab Shortcut kamu akan melihat Shortcut key, isikan dengan keyboard shortcut yang mudah kamu ingat.

Cara Menghemat Listrik Monitor Komputer

 

Itulah tips cara menghemat listrik monitor kamu, jika kamu memiliki tips lain seputar menghemat listrik komputer silahkan bagikan di kolom komentar di bawah ini. Siapa tahu akan membantu bagi kawan kawan WinPoin lainnya.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

  • Maknyus bro tips nya :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Tinggal Fn + F6 = beres…!

  • JK

    Saya paling sering pake cara manual kalo di desktop. Pas lagi donlot dengan idm, di atur aja pas selesai langsung mati sendiri. Kalo di laptop pake function key.

  • mantap om tipsnya, dari satu tips ke tips yang lain saling berhubungan :D kalau di aku pakai Fn + F7 :D

  • idea sukma bakti

    turn off display 5 menit, namun tiada kata “sleep” untuk torrent :v