Home PC Cara Mengubah Warna Folder / File di Windows dengan Mudah

Cara Mengubah Warna Folder / File di Windows dengan Mudah

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengubah warna folder / file

Cara Mengubah Warna Folder / File di Windows dengan Mudah

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengganti warna folder. Misalnya saja kamu bisa menandai folder penting dengan warna merah — atau jika itu adalah folder kerjaan, kamu bisa menandainya dengan warna hijau untuk yang sudah beres dikerjakan. Masih ada banyak pemanfaatan lain yang bisa kamu dapatkan dengan memberi warna folder, dan hal yang sama juga berlaku untuk pemberian warna file di Windows. Di artikel ini WinPoin akan membagikan bagaimana cara mengubah warna folder / file di Windows dengan sangat mudah dan tanpa membebani sistem.

Ini penting karena ada banyak software kustomisasi yang dilengkapi dengan fitur membuat folder warna / file warna, tetapi banyak diantaranya yang cukup berat dan membebani sistem. Oleh karena ini disini WinPoin akan menggunakan dua aplikasi ringan bernama Folder Marker Free dan **FileMarker.NET. Pada dasarnya aplikasi ini hanya akan mengubah icon folder dan icon file default dengan versi warna-warni yang bisa kamu pilih.

Cara Mengganti Warna Folder / File di Windows

Cara Mengubah Warna Folder / File di Windows dengan Mudah

Pertama, download Folder Marker Free dan FileMarker.NET

Setelah itu kamu tinggal install saja kedua aplikasi tersebut seperti biasa.

Untuk mengganti warna folder, kamu tinggal klik kanan saja folder tersebut > Mark Folder > color > pilih warna yang diinginkan.

Cara Mengubah Warna Folder / File di Windows dengan Mudah

Tidak cuman bisa mengubah warna folder, kamu juga bisa memberikan beberapa status seperti High Priority, Normal Priority, dsb.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan terhadap icon file. Klik kanan saja file yang kamu inginkan > Mark File > pilih warna ataupun tanda status yang kamu inginkan.

Cara Mengubah Warna Folder / File di Windows dengan Mudah

Untuk mengembalikan folder / file seperti semula, kamu tinggal pilih opsi Restore defaults.

Itulah cara mengubah warna folder / file di Windows dengan mudah. Sebenarnya yang dilakukan software ini hanyalah mengubah iconnya saja sesuai dengan konfigurasi warna ataupun status yang kamu atur. Jadi kamu tidak perlu khawatir, karena cara ini tidak membebani kinerja sistem sama sekali.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.