Home News Microsoft Menanamkan GPU Monitor di Task Manager Windows 10

Microsoft Menanamkan GPU Monitor di Task Manager Windows 10

Microsoft Menanamkan GPU Monitor di Task Manager Windows 10

Sebuah fitur baru ditanamkan Microsoft kedalam Task Manager Windows 10. Melalui build Windows 10 terbaru (versi 16226) terlihat ada GPU Monitor di dalam Task Manager. Melalui fitur ini kamu bisa melihat berapa persen dari resource GPU yang digunakan oleh sistem. Jadi di Windows 10 Fall Creators Update nanti tidak sulit bagi kamu untuk memonitoring penggunaan resource GPU di PC.

Microsoft Menanamkan GPU Monitor di Task Manager Windows 10

Saat ini salah satu aplikasi yang punya fitur serupa adalah GPU-Z. Hanya saja GPU Monitor di Windows 10 ini belum bisa menyamai tingkat kedetailan dari GPU-Z.

Di GPU-Z kamu bisa melihat berbagai informasi GPU secara lengkap, mulai dari nama GPU, teknologi yang digunakan, versi BIOS, tipe memori, GPU clock, hingga kecepatan fan, temperatur GPU, dan besarnya konsumsi power. GPU Monitor Windows 10 belum bisa menyamai level detail tersebut, karena memang dibuat khusus untuk melakukan monitoring seperti halnya RAM Monitor, Network Monitor, dan CPU Monitor yang sudah ada di task manager lebih dulu.

Microsoft Menanamkan GPU Monitor di Task Manager Windows 10

Microsoft menyatakan bahwa mereka menambahkan, bahkan memprioritaskan fitur GPU Monitor ini berdasarkan feedback dari pengguna Windows. Microsoft juga memperingatkan bahwa fitur ini masih dalam pengembangan, sehingga sangat mungkin masih ada bugs didalamnya.

Sebagai informasi, Windows 10 Fall Creators Update merupakan update mayor kedua Windows 10 di tahun ini. Berbagai fitur baru bahkan ditambahkan, termasuk juga tampilan baru Windows 10 yang lebih modern bernama “Fluent Design”. (Baca: Inilah Fluent Design System, Tampilan Baru Windows 10)

Meskipun Microsoft belum memberikan kepastian kapan tepatnya update mayor ini akan dirilis, tetapi kemungkinan besar Windows 10 Fall Creators Update bakal rilis sekitar bulan September 2017 nanti.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.