Home News Inilah “Fluent Design System” Tampilan Baru Windows 10, Nama Resmi Project NEON

Inilah “Fluent Design System” Tampilan Baru Windows 10, Nama Resmi Project NEON

Pada Event Build 2017 hari kedua, Microsoft menguak nama resmi dari Project NEON, yaitu “Fluent Design System” dan… Oh my.. Cantik sekali! Langsung saja, silakan simak video berikut:

Fluent Design merupakan evolusi Metro, dan pengembangan lebih lanjut dari Microsoft Design Language atau MDL. Tujuan dari Fluent Design adalah memberikan tampilan yang harmonis, intuitif, inklusif, dan pengalaman interaksi antar perangkat yang responsif dan interaktif.

Terlepas dari warna, transparasi dan desain yang indah, yang paling menarik perhatian saya adalah animasi atau motion Fluent Design System yang sangat interaktif. Hal ini membuat pengguna tidak bosan menatap layar monitor. Eitss, animasi tersebut bukan sekedar hiasan, tapi juga bisa berfungsi untuk menampilkan informasi atau terserah mau dibuat apa seperti oleh developer. Sistem penerapannya pun hanya menggunakan kode baru yang sangat sederhana.new-file-explorer

 

Fitur baru yang berhubungan dengan UX Fluent Design System ini adalah kini kamu bisa melakukan berbagai gesture dengan pen. Saya tertarik, apakah ini bisa diterapkan juga pen tablet? Jika iya, ini merupakan sebuah kemajuan buat para seniman digital. Tidak perlu bolak balik pen-mouse.

Namun, hayo jujur, siapa yang merasa sekilas seperti kombinasi macOS, Google Material dan Metro UI?¬†Well, saya akui, sekilas memang mirip, tapi, kalau itu membuat Windows jadi lebih menarik dan lebih indah, why not? Toh belum ada diantara kita yang merasakan “Fluent Design” secara keseluruhan. Masih banyak misteri yang belum terkuak.

Desain baru ini sudah mulai bisa dicicipi oleh para Insider, namun, buat kamu yang menunggu versi resmi, kamu harus bersabar hingga musim gugur tahun ini. Jika kamu ingin lihat seperti apa detail demonya, kamu bisa mengunjungi link berikut [Klik Disini].

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.