Run merupakan salah satu fitur yang sudah ada sejak lama dalam ekosistem Windows. Pertama kali digunakan pada sistem operasi Windows 95 hingga sekarang era Windows 10. Kamu bisa menggunakan kombinasi shortcut Windows + R pada keyboard untuk membuka Run untuk mengakses file, aplikasi, hingga ulititas sistem seperti Command Prompt, PowerShell, Control Panel, Registry Editor, Group Policy Editor, dan masih banyak lagi.

Karena fungsinya yang cukup vital, maka ada baiknya kamu mematikan fitur ini, terlebih khusus jika ada orang lain yang sering menggunakan komputer tersebut, dimana kamu tidak ingin ada orang yang mengutak-atik sistem melalui Run.

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara untuk mematikan fungsi Windows Run di Windows 10.

Menonaktifkan Run di Windows 10

  1. Buka Group Policy Editor.
  2. Navigasi ke User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar.
  3. Pada panel kanan, klik 2x pada opsi Remove Run menu from Start Menu.
  4. Kemudian pilih opsi Enabled dan klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  5. Done.

Setelah selesai, kamu bisa restart Windows 10 untuk mendapatkan perubahannya. Kedepannya ketika membuka Run, maka akan mendapatkan pesan berikut.

Untuk mengembalikannya seperti semula, kamu bisa melalui langkah yang sama seperti diatas dan mengganti opsinya menjadi Disabled pada langkah ke-4.

Selain Windows 10, cara ini juga bisa dilakukan untuk disemua sistem operasi Windows, mulai dari Windows XP hingga Windows 8.1, juga untuk Windows Server.

  Review vivo S1 Pro — Apa yang Baru..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.