Ketika kamu membeli laptop, biasanya pabrikan membuat partisi khusus dimana kamu dapat melakukan recovery jika sewaktu-waktu mengalami masalah. Secara default, partisi ini tersembunyi, tetapi pada beberapa kasus partisi tersebut muncul.

Jika kamu ingin menyembunyikan partisi recovery ataupun partisi lainnya. Maka kamu bisa melakukannya dengan mudah melalui Disk Management atau Command Prompt, yang mana akan dibahas pada artikel kali ini.

Baca juga:

Menyembunyikan Partisi di Windows 10 dengan Command Prompt

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Ketikan perintah diskpart untuk memasuki utility disk management.
  3. Ketikan perintah list volume untuk melihat daftar partisi yang ada.
  4. Ketikan perintah select volume 3 untuk memilih partisi, kamu dapat mengganti angka 3 sesuai dengan partisi yang kamu ingin sembunyikan.
  5. Ketikan perintah remove letter=G untuk menghapus letter drive sekaligus menyembunyikan partisi. Kamu dapat mengganti G sesuai dengan partisi yang dipilih.
  6. Done.

Setelah proses selesai, maka partisi tersebut akan hilang dari daftar partisi di This PC pada File Explorer. Perlu diketahui, jika kamu menginstall aplikasi pada partisi yang dalam posisi tersembunyi, maka aplikasi tersebut tidak akan dapat berjalan.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.