Di Windows 10, melakukan full backup merupakan salah satu cara yang fundamental sebagai salah satu opsi jika menghadapi masalah pada sistem yang tergolong berat seperti virus, malware ataupun kerusakan pada sistem Windows 10 itu sendiri.

Image Backup bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai skenario jika nantinya mengalami masalah. Sebab backup ini memungkinkan kamu untuk restore sistem Windows 10 dengan menggunakan salinan sistem Windows 10 yang dibackup sebelumnya.

Membuat sistem image bisa kamu lakukan dengan cara biasa melalui Control Panel. Tetapi jika dirasa cara tersebut menurut kamu terlalu mainstream, maka kamu bisa mencoba cara alternatif yaitu melalui Command Prompt.

Membuat System Image di Windows 10 dengan Command Prompt

Disini kamu akan memanfaatkan tool wbAdmin (yang dieksekusi melalui CMD). Dimana tool ini memungkinkan kamu untuk backup dan restore OS, volume, files, folder dan aplikasi.

  1. Buka Command Prompt as Administrator.
  2. Kemudian ketikan perintah dibawah ini.
    wbAdmin start backup -backupTarget:D: -include:C: -allCritical -quiet
    Dimana kamu dapat mengganti tulisan warna biru dengan letter drive partisi yang ingin kamu jadikan sebagai media penyimpanan backup dan merah dengan letter drive partisi yang ingin kamu backup.
  3. Done

Setelah perintah diatas telah masukan, maka kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada besarnya size image yang dibackup. Jika proses sudah selesai, maka kamu akan mendapati folder WindowsImageBackup pada media penyimpanan yang digunakan sebagai backup.

Secara opsi alternatif, kamu juga dapat melakukan backup Image terhadap semua partisi yang ada pada Windows 10 dengan menambahkan letter drive pada argumen -include: (dipisahkan dengan koma), contohnya.

wbAdmin start backup -backupTarget:D: -include:C:,A:,N: -allCritical -quiet

Lagi, Kamu dapat mengganti tulisan berwarna biru dengan letter drive partisi yang ingin kamu jadikan sebagai media penyimpanan backup dan merah dengan letter drive partisi yang ingin kamu backup.

That’s it!

Jika sewaktu-waktu kamu restore Image Backup ini tetapi tidak mengetahui bagaimana caranya, kami dapat mengunjungi artikel berikut

Cara Restore Windows 10 dengan System Image

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.