Tadi WinPoin sempet berbagi teknik ngeblok teks di Windows yang jarang disadari orang, dan didalamnya kita pake animasi GIF untuk mendemokannya.

Cara Merekam Layar Monitor (Screencast) dan Menyimpannya Sebagai Animasi GIF

Pertanyaannya, gimana cara merekamnya dan membuatnya..??

Nah di artikel ini kita akan blak-blakan tentang tools apa yang kita pake untuk ngerekam tampilan layar dan mengubahnya menjadi animasi GIF tersebut.

 

Dulu = Ribet

Jujur nih dulu sebelum kita nemu tools ini, untuk membuat animasi GIF dari screencast cukup ribet. Kita rekam dulu layar pake software screencast, misalnya saja Camtasia (berbayar) atau Jing (gratis). Setelah itu kita save menjadi format video, lalu kita convert dari video ke GIF menggunakan software video to gif converter.

Yup, prosesnya jadi panjang dan lama.

 

Sekarang = Simple

Sekarang untuk membuat animasi GIF dari screencast kita menggunakan tools yang bernama Screen to GIF.

Dengan tools ini kamu tinggal mengatur saja area mana yang ingin kamu rekam, lalu pencet tombol record dan merekamnya, diakhiri dengan menjadikannya sebagai animasi GIF.

Cara Merekam Layar Monitor (Screencast) dan Menyimpannya Sebagai Animasi GIF

 

Kamu bisa menghapus single frame, atau memotong area frame yang tidak kamu inginkan — menyisakan bagian dari animasi GIF yang memang diperlukan.

Cara Merekam Layar Monitor (Screencast) dan Menyimpannya Sebagai Animasi GIF

 

Sangat mudah, cepat, dan simple.

Kamu bisa mendownload Screen to GIF disini.

 

Itulah gaess tools yang WinPoin pake untuk bikin animasi GIF dari rekaman layar monitor / screencast. Bagi kamu yang punya cara lain yang lebih mudah dan lebih baik lagi silahkan langsung dibagikan ke kolom komentar dibawah ini.

Mari berbagi trik bersama :D

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.