Home PC Cara Mudah Mengubah Link Menjadi QR Code di Microsoft Edge

Cara Mudah Mengubah Link Menjadi QR Code di Microsoft Edge

mengubahlinkmenjadiqrcodedimicrosoftedge (1)

Sebelumnya saya pernah membahas cara menampilkan QR Code secara otomatis pada Web Windows Store di browser Google Chrome. Namun ada yang bertanya, bagaimana dengan browser Microsoft Edge?

Meskipun masih banyak kelemahan pada Microsoft Edge, salah satunya belum (hingga artikel ini ditulis) supportnya ekstensi/add-on. Hal itu yang membuat pengguna ‘gerah’ dan beranjak ke browser lain seperti Google Chrome. (Baca : Browser IE + Edge Mulai Ditinggalkan Pengguna, dan Beralih ke Google Chrome)

Walaupun demikian, kamu masih bisa mencoba sedikit trik untuk membuat QR Code di Microsoft Edge dengan bantuan app yang bernama ‘Barcode Generator‘. Penasaran bagaimana caranya? Keep reading folks!.

Mengubah Link Menjadi QR Code di Edge

Seperti yang saya bilang tadi. Disini kita akan menggunakan App Barcode Generator yang dapat kamu download melalui Windows Store. App ini selain bekeja pada Windows 10, dapat juga berjalan pada Windows 8.1. App ini gratis, tetapi kamu juga bisa membelinya seharga $2.49 atau sekitar Rp. 31.000,-.

mengubahlinkmenjadiqrcodedimicrosoftedge (2)

Download Barcode Generator di Windows Store.

Tunggu beberapa saat (Ukuran App hanya 515,77 KB) hingga App berhasil diinstall. Jika sudah, buka Microsoft Edge lalu cari halaman yang ingin kamu share melalui QR Code. Kemudian klik Icon ‘Share‘ yang terletak pada toolbar.

mengubahlinkmenjadiqrcodedimicrosoftedge (3)

Setelah itu gunakan App ‘Barcode Generator‘ yang telah kamu download tadi.

mengubahlinkmenjadiqrcodedimicrosoftedge (4)

Dengan begitu secara otomatis Barcode Generator akan membuat QR Code berdasarkan link yang kamu ingin Share tadi. Sebagai tambahan klik ‘Save‘ jika kamu ingin menyimpan QR Code tersebut, guna jika ingin menggunakannya nanti.

mengubahlinkmenjadiqrcodedimicrosoftedge (6)

Barcode-barcode yang tadi kita save, akan tersimpan pada App Barcode Generator. Selain metode enkripsi link dengan menggunakan QRCODE. Kamu juga dapat memilih metode lain seperti DATAMATRIX, PDF417, dan CODE39.

mengubahlinkmenjadiqrcodedimicrosoftedge (7)

App Barcode Generator sendiri tidak hanya bisa bekerja pada Microsoft Edge saja. Karena App ini merupakan Share Picker, jadi App ini bisa bekerja di App lain yang bisa kita dapatkan link dari konten yang ada seperti App Twitter, Sport, dan masih banyak lagi.

Untuk sementara bagi pengguna Microsoft Edge, ini bisa menjadi sedikit solusi untuk permasalahan belum supportnya ekstensi/add-on. Jadi jika kamu ingin share link dengan metode QR Code, cara ini worth untuk digunakan. Download dari link diatas dan jangan lupa Share kesan kamu melalui komentar. 😉

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.