Terkadang mungkin kamu merasakan bahwa browser Opera tidak bekerja dengan baik. Misalnya saja kinerjanya yang melambat, sering freeze, crash, dsb. Jika hal tersebut sudah terjadi, reset bisa menjadi pilihan terbaik. Dengan melakukan reset, maka akan mengembalikan pengaturan Opera ke default, sama seperti ketika baru menginstall.

Artikel kali ini akan menunjukan pada kamu bagaimana cara melakukan reset terhadap browser Opera.

Baca juga tutorial Opera lainnya:

Cara Mudah Reset Opera ke Default

  1. Buka browser Opera.
  2. Klik icon Opera pada pojok kiri atas dan pilih opsi Update & Recovery.
  3. Klik opsi Recover pada menu Recovery.
  4. Terhadap dua opsi yang bisa kamu pilih, yakni:
    • Keep my data and only reset Opera settings: Opsi ini akan mengembalikan semua pengaturan ke default dan menghapus cookies. Selain itu juga semua ekstensi akan dinon-aktifkan (tidak dihapus). Tetapi tetap akan menyimpan bookmarks, history, dan password.
    • Reset my data and Opera settings: Opsi ini akan mengembalikan semua pengaturan ke default. Serta menghapus semua ekstensi, bookmarks, history, password dan cookies.
  5. Pilih salah satu opsi yang diinginkan dan pilih opsi Recover.
  6. Done.

Tunggu beberapa saat hingga Opera kembali terbuka dan kamu akan mendapati Opera dalam keadaan baru dan fresh (sesuai dengan opsi yang kamu pilih pada langkah ke-4).

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.