Home PC Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Cara Format Flashdisk Write Protected

Pengen tahu gimana cara proteksi flashdisk agar data lebih aman..??

Beberapa waktu lalu WinPoin membagikan cara format flashdisk write protected dengan menghilangkan write protected di flashdisk tersebut terlebih dahulu. Ternyata dari komentar muncul pertanyaan yang sebaliknya, yaitu bagaimana cara proteksi flashdisk dengan write protected dan apa saja manfaatnya buat kita.

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, WinPoin akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu write protected pada flashdisk.

Pemberian write protected pada flashdisk artinya menjadikannya sebagai read-only, alias hanya bisa dibaca datanya tetapi tidak bisa ditambahkan data baru. Manfaatnya tentu saja data menjadi lebih aman, karena data yang ada di flashdisk hanya bisa dibaca tanpa bisa diotak-atik.

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Ya..setelah di write protected data di flashdisk memang tidak bisa lagi dihapus, bahkan flashdisk tidak bisa lagi diformat. Tentu saja ini berlaku jika menghapus dan memformat flashdisk dilakukan dengan cara biasa, karena sejatinya flashdisk tersebut masih bisa dihapus datanya dan diformat jika proteksi read-only dihilangkan dengan cara ini.

Tetapi dalam banyak kasus dimana mayoritas teman, rekan, atau keluarga tidak mengerti cara advanced dalam menghilangkan write protected flashdisk tersebut, maka bisa dibilang data kamu bakal aman setelah flashdisk write protected.

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Tetapi tentu ada kelemahannya, yaitu kamu tidak bisa lagi menambahkan data baru kedalam flashdisk tanpa menghilangkan write protectednya terlebih dahulu.

Hal ini membuat cara memproteksi flashdisk dengan write protected ini hanya cocok jika:

  • Flashdisk kamu berisi data backup
  • Flashdisk kamu berisi data tetap, misalkan saja master instalasi Windows
  • atau berisi data lainnya yang tidak ingin hilang atau terhapus

Nah jika dirasa cara memproteksi flashdisk dengan write protected ini cocok untuk keperluan kamu saat ini, berikut adalah cara melakukannya.

Pertama tentunya tancapkan flashdisk berisi data yang ingin diproteksi, setelah itu buka CMD dan jalankan sebagai Admin (Run as administrator)

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Jalankan command DISKPART, lanjutkan dengan LIST DISK untuk melihat Disk berapa flashdisk kamu tersebut. Dalam contoh ini flashdisk saya berada di Disk 1.

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Jalankan command SELECT DISK 1 untuk memilih flashdisk tersebut.

Setelah itu beri proteksi read-only dengan command ATTRIBUTES DISK SET READONLY

Jika sudah berhasil, kamu bisa memastikannya dengan menjalankan command ATTRIBUTES DISK, dan hasilnya status Read-only: Yes bakal tampil.

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

keluar dari CMD dan flashdisk kamu sudah terproteksi dengan read-only / write protected. Kini data didalamnya tetap bisa kamu akses, kamu copy, dan kamu jalankan, tetapi tidak bisa lagi kamu hapus, edit, atau ditambahkan data baru kedalamnya.

Untuk mengembalikannya lakukan cara yang sama, tetapi di command akhir, ubah ATTRIBUTES DISK SET READONLY dengan ATTRIBUTES DISK CLEAR READONLY.

Cara Proteksi Flashdisk Agar Data Lebih Aman

Itulah cara melindungi flashdisk dengan menjadikannya read-only (write protected). Cara ini tidak cocok untuk semua kebutuhan, tetapi bagi keperluan backup atau data tetap seperti master installer, kamu bisa memanfaatkannya agar tidak ada yang mengotak-atik isinya.

Punya pertanyaan atau tips lain seputar flashdisk? Silakan langsung saja tuliskan di kolom komentar.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.