Beberapa waktu lalu, aplikasi Kaspersky Internet Security yang saya gunakan mendapatkan update dan mengubah Build dari 20 ke 21, dan setelah update dan installing selesai, icon aplikasi tidak muncul dengan sempurna, dan hanya menampilkan icon putih seperti pada gambar berikut saja.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat mengikuti langkah Cara Rebuild Icon Cache di Windows 10 yang telah ditulis WinPoin beberapa waktu lalu, namun selain itu ada langkah lain juga yang dapat kamu coba, yaitu dengan menggunakan Command Prompt.

Meskipun langkah ini bisa dibilang lebih panjang dibandingkan tutorial sebelumnya, namun langkah ini pantas untuk dicoba, nah bagi kamu yang penasaran, berikut adalah langkah singkat untuk Rebuild Icon Cache Dengan CMD di Windows 10

Langkah 1. Silahkan kamu buka Command Prompt, buka sebagai Administrator.

Langkah 2. Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke Directory \AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer, untuk masuk kesana, cukup masukkan saja perintah berikut :

cd %homepath%\AppData\Local\Microsoft\Windows\Explorer

Silahkan lanjutkan dengan mengetikkan perintah dir seperti yang saya tunjukan pada gambar diatas, disana harusnya ada banyak iconcache termasuk thumbcache database yang ditampilkan.

Nah dari sini pada dasarnya kita hanya perlu menghapus semua database dari iconchace tersebut, namun sebelum itu kita harus mematikan atau menghentikan process dari explorer.exe, silahkan lanjutkan ke langkah 3.

Langkah 3. Untuk menghentikan process explorer.exe, silahkan masukan perintah berikut:

taskkill /f /im explorer.exe

Dari sini explorer akan terhenti, ditandai dengan Taskbar yang menghilang. Jadi jangan khawatir, ikuti saja langkah selanjutnya.

Langkah 4. Selanjutnya, silahkan hapus seluruh file database dari iconcache, gunakan perintah berikut :

del iconcache*

Nah jika sudah selesai, silahkan jalankan kembali Explorer.exe, cukup masukan perintah berikut:

explorer.exe

Dan hasilnya langsung terlihat, hehehe.

Nah jika kamu mengalami masalah seperti yang saya alami dengan iconcache, langkah diatas pantas untuk dicoba, namun selain itu kamu juga bisa kok menggunakan langkah Cara Rebuild Icon Cache di Windows 10 yang telah ditulis WinPoin sebelumnya.

Nah silahkan dicoba, semoga berhasil dan semoga bermanfaat.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.