Dalam hal urusan tangkap layar, Windows 10 menawarkan beberapa cara untuk melakukannya, dimana cara termudahnya adalah dengan menggunakan shortcut WinKey + PrtSc.

Dimana setelah menggunakan shortcut tersebut, gambar hasil screenshot akan tersimpan pada directory default %userprofile%\Pictures\Screenshots dan secara otomatis gambar akan diberi nama ‘Screenshot’ tetapi karena kita tahu bahwa setiap file harus memiliki nama yang berbeda, jadi akan ditambahkan angka dibelakangnya. Angkanya sendiri akan bertambah 1 setiap kali ada screenshot baru seperti Screenshot (1).png, Screenshot (2).png, Screenshot (3).png, dan seterusnya.

Sayangnya hitungan (counter) tidak akan ter-reset, meskipun isi semua screenshot didalamnya sudah dihapus. Maka dari itu berikut kali ini WinPoin akan memberikan trik untuk reset kembali counter screenshot di Windows 10.

Reset Counter Screenshot di Windows 10

  1. Buka Registy Editor
  2. Navigasi ke Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer.
  3. Pada panel kanan klik 2x pada key ScreenshotIndex. Kemudian ganti valuenya menjadi 1 dan klik OK untuk menyimpan perubahan.
  4. Done, kamu dapat menutup jendela Registry jika ingin.

Dengan begitu counter screenshot akan kembali lagi menjadi 1, tetapi jika masih terdapat file Screenshot (1).png, maka secara otomatis akan menjadi Screenshot (2).png.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.