Home Basic Cara Scan File dan Folder dengan Windows Defender di Windows 10

Cara Scan File dan Folder dengan Windows Defender di Windows 10

Cara Scan File dan Folder dengan Windows Defender di Windows 10 (1)

Semenjak dirilisnya November Update versi 1511, Microsoft menambahkan fitur yang cukup simple tetapi sangat berguna, yaitu kemampuan untuk scan/memindai suatu file ataupun folder dengan Windows Defender. Jadi kamu bisa melakukan scanning secara individual jika tidak ingin melakukan full scanning seperti biasanya.

Scan File dan Folder dengan Windows Defender

Cara untuk menjalankan individual scanning ini sangat mudah, kamu hanya perlu klik kanan pada file ataupun folder yang ingin kamu scan lalu pilih opsi Scan with Windows Defender.

Cara Scan File dan Folder dengan Windows Defender di Windows 10 (2)

Kemudian jendela Windows Defender akan terbuka dan proses scanning akan dimulai, lama tidaknya tergantung pada banyaknya file didalamnya (jika kamu melakukan scanning ada folder).

Cara Scan File dan Folder dengan Windows Defender di Windows 10 (3)

Terakhir scanning pun akan selesai, dan semoga hasilnya sesuai apa yang diharapkan (tanpa adanya malware, virus, dsb)

Sebenarnya Windows Defender sudah memiliki fitur Real time protection untuk terus menjaga file secara berkala. Tetapi metode ini worth dicoba pada file di penyimpanan lain seperti Flashdisk ataupu Hardisk eksternal.

  Solusi Laptop Minim Storage  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.