Terkadang, kita memiliki beberapa file yang memang sangat rahasia, misalkan file penelitian dan data penting, yang tentunya gak boleh sembarangan orang bisa membuka dan mengaksesnya.

Jika dilihat berdasarkan judul yang sama, banyak sekali cara yang bisa dilakukan, mulai dari menginstal Aplikasi Iobit Protected Folder, atau bahkan melakukan Hidden File dan Foder secara manual. Namun cara cara tersebut bisa dibilang ribet dan beresiko, kenapa? berikut saya kasih alasannya.

#. Jika kamu menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga, bisa jadi aplikas tersebut mengandung sebuah Malware berbahaya (apalagi jika pake yang bajakan).

#. Jika kamu melakukan Hide File dan Folder Manual, jika kamu pake DualBoot, Linux dan Windows, kamu tetap bisa melihat file dan folder tersebut, tanpa melakukan Unhide terlebih dahulu.

Lalu gimana cara mudah dan tanpa Software Pihak ketiga? nah berikut Winpoin kasih caranya.

1#. Buat Virtual Hardisk

Kamu bisa mengikuti tutorial yang sudah saya buat pada artikel Cara Membuat Virtual Hardisk di Windows 10!.

2#. Mount File Virtual Hardisk Tersebut

Nah kedua, kamu bisa langsung saja Mount VHD kamu.

Cara Sembunyikan File dan Folder Dengan Aman!
Pastikan sudah termount.

3#. Gunakan BitLocker

Yap, sebuah fitur yang bahkan jarang banget orang pake, secara Default semejak Windows 7 dirilis, Bitlocker sudah tersedia didalam system, dan sudah siap digunakan. Gimana Cara Pakenya?

Klik kanan Partisi yang sudah kamu Mount, lalu Klik Turn On BitLocker.

Selanjutnya akan ada loading yang gak lama.

Setelah itu, masukan Password kamu.

Setelah memasukan Password, kamu simpan dimana kamu akan menyimpan file Recoverynya, seandainya nanti kamu lupa. (saran saya, simpan saja di Microsoft Account).

Pilih bagaimana kamu akan melakukan enkripsi pada Drive, biar cepat, pilih yang atas aja.

Selanjutnya, pilih juga mode enkripsi yang akan digunakan. Karena saya mungkin akan memindahkan File VHD, ke Drive External, dan mungkin filenya akan sering berpindah, saya gunakan Compitable Mode.

Klik Next, dan Selesai.

Cara Buka?

Nah setelah kamu Eject File VHD tadi, otomatis dia akan terkunci, dan untuk membukanya, cukup double click saja file VHD yang kamu simpan, dan jika sudah di mount kamu cukup buka seperti biasa, nanti dia akan meminta password yang kamu buat sebelumnya.

Langsung saja masukan Password kamu dan klik Unlock. Maka file dan Folder didalamnya akan langsung bisa kamu akses.

Kesimpulan

Saya sudah lama menggunakan cara ini untuk menyimpan beberapa data penelitian penting, dan sampai sekarang tidak ada keluhan, selain simpel dan gak perlu instal ini itu, aksesnya sendiri mudah, dan tentunya file VHD bisa disimpan dimanapun kita suka, jadi gak sembarang orang bisa menemukan file tersebut, seandainya ketemu? tetep aja kan dia bakalan minta password.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.