Home PC Cara Upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro

Cara Upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro

Cara Upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro

Windows 10 hadir dalam beragam versi, ada yang bisa dinikmati oleh konsumen biasa seperti Windows 10 Home dan Windows 10 Pro, ada yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu seperti Windows 10 Enterprise dan Windows 10 Educational.

Windows 10 Home adalah versi Windows 10 paling banyak digunakan saat ini. Hal ini tidak lepas dari faktor harga yang membuat produsen PC atau laptop lebih memilih menyematkan Windows 10 Home ke PC atau laptop jualan mereka sembari menekan harga.

Apakah kamu bisa upgrade Windows 10 Home ke Pro tanpa install ulang? Ya, kamu bisa upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro tanpa install ulang. Kamu bisa upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro dengan sangat mudah.

Jadi misal kamu membeli komputer atau laptop yang sudah terinstal Windows 10 Home, kamu tidak perlu upgrade dengan cara install ulang Windows 10 Pro. Yang perlu kamu lakukan hanya membeli lisensi Windows 10 Pro saja.

Baca Juga: 

Kamu bisa beli lisensi Windows 10 Pro dari banyak toko. Untuk toko online, tentu saja lebih baik kamu beli langsung ke Microsoft Store Indonesia. Kamu juga bisa beli Windows 10 Pro di toko ritel yang terkenal di kota kamu.

Lisensi Windows 10 Pro yang akan kamu dapatkan ini adalah berupa product key Windows 10. Product key Windows 10 tersebut bisa kamu gunakan untuk upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro tanpa install ulang Windows.

Untuk kamu yang sudah memiliki lisensi product key Windows 10 Pro dan ingin melakukan upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro, kamu bisa mengikuti tutorial cara upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro ini.

  1. Pastikan kamu sudah punya lisensi product key Windows 10 Pro. Kamu bisa beli product key Windows 10 pro dari berbagai toko ritel maupun online.
  2. Masuk ke Setting – Update & Security – Activation. Kamu bisa melihat beragam informasi seperti versi Windows 10, change product key, dan lain-lain.
    Cara Upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro
  3. Klik Change Product Key untuk mengganti product key Windows 10. Kotak dialog baru akan terbuka untuk memasukkan product key Windows 10 yang baru.
  4. Masukkan product key Windows 10 Pro. pastikan kamu memasukkan product key Windows 10 dengan benar ya agar proses upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro berhasil.
    Cara Upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro
  5. Jendela upgrade Windows akan muncul. Kamu bisa lihat sendiri proses upgrade Windows akan segera berlangsung. Proses upgrade membutuhkan proses restart sehingga pastikan kamu sedang tidak mengerjakan apapun di PC atau laptop kamu.
    Cara Upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro
  6. Klik Start Upgrade dan tunggu hingga upgrade selesai. Komputer atau laptop akan melakukan proses upgrade, tunggu hingga semua selesai dan siap digunakan.

Proses upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro ini cukup cepat, hanya sekitar 10 menit – 15 menit. Hanya saja, pastikan semua pekerjaan kamu sudah selesai sebelum menjalankan proses upgrade karena semua software dan program yang berjalan akan dihentikan.

Namun tenang, tidak ada program atau software yang akan terhapus. Semua data kamu akan tetap aman setelah proses upgrade. Meskipun begitu, tidak ada salahnya tetap membuat backup Windows 10 untuk berjaga-jaga jika ada data yang hilang atau rusak.

Bagaimana, sudah coba upgrade Windows 10 Home ke Windows 10 Pro?

Share pengalaman kamu ke kolom komentar ya :D

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia