Toshiba dikabarkan sedang membuat prototype flash memory dengan kapasitas 1,33 terabit (166 GB) per chip. Chip tersebut mengandung 96 lapis 3D NAND flash yang memiliki  kapasistas 4 bit per cell, satu bit lebih banyak daripada generasi SSD saat ini. Meskipun hanya berbeda satu bit, dampaknya bisa dibilang sangat signifikan, karena kapasistas maksimal per chip SSD yang sekarang hanya 32 GB. Hasilnya, jika satu pak penyimpanan flash memiliki 16 chip, maka penyimpanan tersebut bisa berkapasitas 2,66 TB.

Western Digital (WD) menyatakan bahwa akan mengangkut chip dari SanDisk akhir tahun ini. Meskipun demikian, WD masih bekerjasama dengan Toshiba meskipun telah diakuisisi oleh Bain Capital, konsorsium yang melibatkan Apple, Dell, Seagate dan Kingston. Artinya, kemungkinan besar banyak perusahaan yang akan berlomba-lomba menerapkan teknologi baru ini.

Saat ini SATA SSD berkapasitas 256 GB masih dijual 1,2 jutaan. Masih selisih 70% dari kapasitas Harddisk dengan kapasitas yang sama. Dengan berkembangnya kapasitas SSD, diharapkan harga SSD akan semakin turun. Sebuah kabar baik untuk konsumen. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa bagikan pendapatmu disini ya!

 

sumber Engadget

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.