Home News Co-Founder Microsoft Berhasil Menemukan Kapal Perang Dunia II yang Sudah Lama Hilang

Co-Founder Microsoft Berhasil Menemukan Kapal Perang Dunia II yang Sudah Lama Hilang

Co-Founder Microsoft Berhasil Menemukan Kapal Perang Dunia II yang Sudah Lama Hilang

Menggunakan perangkat remote tanpa awak, kru ekspedisi Research Vessel (R/V) Petrel yang dipimpin Co-Founder Microsoft Paul Allen berhasil menemukan kapal perang di era Perang Dunia II yang sudah lama hilang. Kapal perang USS Indianapolis ini hilang tenggelam setelah kapal selam Jepang menembakkan sepasang torpedo pada 30 Juli 1945 silam.

Sehari sebelumnya, USS Indianapolis berlayar dengan sebuah misi rahasia: mengangkut bom atom pertama ke lapangan terbang di Pulau Tinian — yang beberapa hari setelahnya dijatuhkan ke kota Hiroshima. Namun hanya sehari setelah misi tersebut selesai, Torpedo Jepang membuat kapal perang besar ini tenggelam hanya dalam waktu 12 menit saja.

Co-Founder Microsoft Berhasil Menemukan Kapal Perang Dunia II yang Sudah Lama Hilang

300 penumpang tenggelam didalam kapal, sedangkan 1196 sisanya terjebak di lautan ganas yang penuh hiu. Saat tim penyelamat tiba, hanya 317 orang saja yang selamat. Sisanya ada yang diserang hiu, tenggelam karena kelelahan, serta dehidrasi. 22 orang dari 317 awak yang selamat tersebut masih hidup hingga saat ini.

Sebenarnya sudah ada sangat banyak upaya pencarian untuk menemukan USS Indianapolis, tetapi tidak ada yang membuahkan hasil. Sampai pada akhirnya ekspedisi Research Vessel (R/V) Petrel yang dipimpin Paul Allen berhasil menemukannya di dasar Samudera Pasifik Utara pada kedalaman 5500 meter.

Tidak hanya menemukan USS Indianapolis, 16 kru ekspedisi Paul Allen ini juga berhasil menemukan Kapal Perang Jepang Musashi pada Maret 2015 dan Armada Penghancur milik Italia Artigliere pada Maret 2017. Hingga saat ini kru R/V Petrel bekerja sama dengan U.S. Navy tetap merahasiakan lokasi pasti keberadaaan USS Indianapolis. Namun mereka akan terus bekerja dan berencana untuk mengadakan live tour demi menghormati 22 awak yang masih hidup sampai saat ini dan semua keluarga awak yang menjadi korban.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah foto-foto dari USS Indianapolis yang berhasil ditemukan setelah tenggelam 72 tahun:

via Paul Allen

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.