Home PC Cumulative Update vs Delta Update, Apa Bedanya?

Cumulative Update vs Delta Update, Apa Bedanya?

Cumulative Update vs Delta Update, Apa Bedanya (2)

Biasanya ketika Microsoft merilis kumulatif update Windows 10, mereka menawarkan opsi mendownload update melalui halaman katalog Windows Update, sehingga kamu dapat menginstallnya secara offline. Hal ini juga merupakan opsi alternatif bagi kamu yang tidak ingin download dan install secara langsung melalui halaman Windows Update di Settings.

Perlu kamu ketahui, terdapat dua opsi paket update yang disediakan oleh katalog Windows Update yaitu Cumulative Update dan Delta Update. Pertanyaannya adalah, “Apa berbedaan antara Cumulative Update dan Delta Update, dan manakah yang lebih baik didownload?“.

Melalui artikel ini, WinPoin akan coba untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Cumulative Update vs Delta Update

Sebelum mengetahui tentang Delta Update, pertama kamu perlu sedikit memahami tentang Cumulative Update. Cumulative Update merupakan update Superseded, dimana update ini menggabungkan beberapa file update menjadi sebuah satu paket update.

Cumulative Update vs Delta Update, Apa Bedanya (1)

Cumulative Update sangat direkomendasikan bagi kamu yang baru menginstall fresh OS. Karena kamu dapat langsung download update terbaru dengan Cumulative Update. Misalnya, kamu baru menginstall Windows 10 Build 15063. Kamu bisa langsung mendapatkan Build terbaru 15063.909 (setidaknya hingga artikel ini ditulis), dengan mendownload Cumulative Update. Tentunya size download yang diperlukan juga akan besar.

Berbeda dengan Cumulative Update, Delta Update menawarkan ukuran download yang lebih kecil. Microsoft mulai menambahkan opsi Delta Update (meskipun Delta Update sudah ada semenjak era Windows XP) semenjak era Creators Update melalui sistem update UUP (Unified Update Platform), dimana mereka mengklaim bahwa file update 35% lebih kecil. Hal ini akan berpengaruh pada proses download dan installasi yang menjadi lebih cepat.

Tentunya ini dapat lebih memudahkan untuk pengguna Internet limited / berkuota. Tetapi jika Build Windows 10 sudah terlalu lawas, maka update yang harus didownload juga akan besar (dan jatuhnya akan seperti download Cumulative Update).

Manakah yang Lebih Baik untuk Didownload?

Cumulative Update vs Delta Update, Apa Bedanya (1)
Source : Google Image

Menarik kesimpulan dari penjelasan diatas, maka:

  • Cumulative Update dapat menjadi pilihan untuk kamu pengguna Windows 10 versi lawas yang ingin segera mendapatkan versi OS terbaru.
  • Delta Update dapat menjadi pilihan untuk kamu pengguna Windows 10 versi terbaru yang ingin mendapatkan update selanjutnya. Karena Delta Update bergantung update Cumulative Update atau Delta Update sebelumnya.

Tetapi jika kamu lebih memilih jalur update melalui halaman Windows Update di Settings (WSUS), maka kamu dapat mengabaikan kesimpulan diatas dan tetap berada dijalur update berdasarkan rekomendasi dari Microsoft.

  Memindahkan Foto dari Smartphone ke Laptop, Tanpa Kabel!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.