Cyanogen Terus Mendapatkan Kucuran Dana untuk Mengalahkan Windows Phone

Saat ini Windows Phone telah bertengger sebagai sistem operasi mobile terpopuler ketiga di dunia. Namun nampaknya Windows Phone tidak sendirian, karena ternyata Cyanogen — sistem operasi custom berbasis Android, juga mengincar posisi yang sama.

Cyanogen Terus Mendapatkan Kucuran Dana untuk Mengalahkan Windows Phone

Cyanogen bahkan baru saja mendapatkan kucuran dana segar dari Twitter Ventures, Qualcomm Incorporated, Telefonica Ventures, Smartfren Telecom, dan Rupert Murdoch sebesar 1 triliun rupiah. Sehingga jika ditotal dengan kucuran dana yang sebelumnya mereka dapatkan, Cyanogen sudah berhasil mengumpulkan 1.5 trilyun rupiah untuk mengejar ambisinya tersebut.

Jumlah itu belumlah final karena masih ada banyak investor yang juga akan mengucurkan dana segar. Bahkan Amazon dan Microsoft sendiri juga dikabarkan ikut menyumbangkan dananya untuk Cyanogen. (Baca juga: Dana 884 Miliar Digelontorkan Microsoft untuk Pengembangan Cyanogen)

Cyanogen berhasil menarik banyak sekali investor karena sistem operasi yang mereka kembangkan menggunakan basis Android tanpa menyertakan berbagai layanan Google, dimana banyak manufaktur yang menginginkannya.

 

CyanogenMod vs Cyanogen OS

Cyanogen Terus Mendapatkan Kucuran Dana untuk Mengalahkan Windows Phone

Cyanogen memiliki dua versi OS. Pertama adalah CyanogenMod yang merupakan versi Open Source, dan kedua adalah Cyanogen OS yang merupakan versi berbayar. Cyanogen OS inilah yang ditargetkan menjadi sistem operasi banyak manufaktur device sebagai alternatif OS Android buatan Google.

 

Target Mengalahkan Windows Phone

Selain banyak investor diatas, Cyanogen juga dibekingi oleh banyak investor kuat lain seperti Premji Invest, Index Ventures, Access Industries, Benchmark, Andreessen Horowitz, Redpoint Ventures, dan Tencent Holdings.

Premji Invest menyatakan bahwa para investor akan terus mendukung Cyanogen untuk bisa menjadi sistem operasi mobile terpopuler ketiga di dunia, serta mengembangkan bisnisnya dalam skala global.

 

Mampukah?

Dengan OS berbasis Android dan dukungan investor kuat sebanyak itu (bahkan Microsoft sendiri juga dikabarkan tertarik berinvestasi), menurut kamu mampukah Cyanogen mengalahkan popularitas Windows Phone dan menjadi sistem operasi mobile terpopuler ketiga di dunia?

Bagikan pendapat dan prediksi kamu disini.

via recode

  OnePlus 6 vs OnePlus 5T  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.