Home Tutorial Daftar Kode Error yang Kemungkinan Bakal Kamu Temui di Creators Update

Daftar Kode Error yang Kemungkinan Bakal Kamu Temui di Creators Update

Cara install Ulang Windows 10 Creators Update (Clean Install)

Saya beberapa kali menerima pertanyaan seputar bug yang terjadi saat install Windows 10 Creators Update. Biasanya bug tersebut disertai oleh peringatan dengan kode error tertentu. Setiap kode tersebut sebenarnya dapat dicari dengan memanfaatkan Google atau Bing, serta seringkali sudah beserta solusinya. Namun tentu saja tidak semua orang paham cara mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, saya mencantumkan daftar kode-kode tertentu yang mungkin bakal keluar saat kamu mengalami masalah dalam melakukan install Creators Update.

Untuk praktisnya, mungkin kamu bisa Bookmark artikel ini untuk berjaga-jaga jika mengalami masalah di masa mendatang. Hohoho..

 

1. Kode Error: 0x80070070 – 0x50011, 0x80070070 – 0x50012, 0x80070070 – 0x60000, dan 0x80070008

Empat kode error ini menunjukkan kurangnya ruang dalam hard disk kamu. Proses instalasi memerlukan ruang kosong setidaknya sebesar 8 GB untuk file sementara (temporary).

Jika kamu kekurangan ruang, maka gunakan Disk Cleanup untuk menghapus file sampah dan file yang tidak diperlukan. Kamu juga bisa mengurangi jumlah file yang memang rencananya akan kamu hapus. Jika kamu masih kekurangan ruang, caranya gampang: tancapkan hard disk eksternal atau flashdisk di atas 8 GB. Windows 10 pada PC kamu akan mendeteksinya dan menggunakannya untuk file temporer.

 

2. Kode Error: 0x80073712

Jika kamu melihat kode error ini, berarti file master yang kamu gunakan untuk instalasi rusak (corrupted). Untuk memperbaiki masalah ini, gunakan Disk Cleanup untuk menghapus Windows Setup temporary files, lalu buka: Settings > Update and security > Windows Update > Check for updates untuk mengunduh ulang.

Kamu juga bisa menggunakan metode lain yang sudah dijabarkan Winpoin untuk melakukan install ulang Windows 10 Creators Update.

 

3. Kode Error: 0xC1900200 – 0x20008, 0xC1900202 – 0x20008

Dua kode ini menunjukkan bahwa hardware komputer kamu tidak memenuhi syarat untuk Windows 10 Creators Update. Ini dikarenakan perubahan persyaratan baru dari Microsoft. Kini untuk menjalankan versi 32-bit dari Windows 10 diperlukan RAM minimal sebesar 2 GB.

 

4. Kode Error: Diawali dengan 0xC1900101

Kode error yang diawali dengan 0xC1900101 menunjukkan masalah pada driver. Cara yang paling baik untuk mengatasinya adalah dengan langsung mengunjungi website dari produsen kamu untuk download driver terbaru bagi perangkat kamu.

Cara lainnya, kamu bisa mencoba memperbarui driver tersebut dengan menggunakan Windows 10. Caranya buka Device Manager > [Device] > Update Driver Software.

Jika masih gagal juga, nonaktifkan atau disable driver selama proses install, lalu aktifkan kembali (enable) ketika proses update sudah selesai.

 

Nah, demikian berbagai kode error yang sering muncul saat kamu install Windows 10 Creators Update. Jika kamu punya tips dan trik lain dalam mengatasi permasalahan saat install dengan adanya kode error tertentu, sumbangkan pengalaman kamu di kolom komentar!

 

Referensi: Makeuseof

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta